Contekan Tema Taman di Rumah

Contekan Tema Taman di Rumah

Kali ini giliran Anda yang memiliki lahan cukup luas untuk bisa mendesain taman modern. Jangan hanya menanam tumbuhan hijau saja, Anda harus mencoba menata taman dengan berbagai gaya kekinian untuk mempercantik eksterior rumah.

Shabby Chic
Konsep shabby chic garden bisa diterapkan pada taman luas maupun kecil untuk desain minimalis. Bagaimana cara membuat konsep tersebut agar berhasil?
Pilihlah bunga-bunga berwarna pastel dan tanaman yang berdaun hijau serta rimbun. Untuk tanaman bunga yang identik dengan shabby chic adalah bunga mawar yang berwarna lembut seperti pink, putih dan peach. Rambatkan mawar pada pagar atau kayu-kayu untuk memperasri tampilan.
Bunga lainnya yang bisa anda pakai adalah hydrangea. Bunganya yang bergerombol dan berwarna putih, biru atau pink sangat cantik untuk gaya shabby chic.  Anda pun bebas memilih tanaman bunga lainnya yang sesuai dengan kondisi iklim di rumah. Hal ini agar tanaman tumbuh subur dan rimbun. Untuk bunga pendek yang bergerombol bisa menggunakan bunga gypsophila monarch putih atau pink, atau tanaman bunga pendek lainnya seperti peony atau daisy.

Vertikal
Merupakan salah satu solusi bagi Anda yang tidak mempunyai lahan pekarangan yang luas untuk membuat sebuah taman yang indah. Taman vertikal memang unik, karena taman ini berjenjang ke atas tidak seperti taman pada umumnya. Untuk pembuatannya pun tidak memerlukan biaya yang besar. Anda bisa menggunakan pot-pot sederhana untuk membuat taman vertikal ini. Taman vertikal sudah mulai menjadi salah satu favorit untuk penduduk Indonesia, terutama di daerah perkotaan, karena mahal dan semakin sempitnnya lahan untuk membuat sebuah taman.
Di samping untuk menambah keindahan dan keasrian, taman vertikal juga mempunyai fungsi lain yang tak kalah pentingnya yaitu penghematan lahan untuk taman serta meningkatkan pasokan oksigen di rumah Anda. Uniknya, taman ini memiliki fungsi untuk menahan panas matahari, meredam kebisingan dan juga mencegah tampias hujan. Selain itu, taman vertikal tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Cukup letakan di tempat yang terkena sinar matahari dan disiram setiap hari.

 

Klasik
Merupakan jenis taman dengan desain yang banyak digemari di masa lalu. Berbeda dengan taman minimalis, area taman jenis ini biasanya lebih luas dengan tanaman pohon di dalamnya seperti pohon palm. Selain sebagai sarana memperindah rumah, taman klasik biasanya dapat digunakan sebagai sarana bermain mengingat luas areanya yang cukup mendukung.
Taman klasik lebih cenderung menampilkan tanaman campuran, rapi dan teratur, intinya bisa memakai tanaman semak semak atau tanaman yang bisa di pangkas , dan bisa di tambah ornamen  seperti patung dan batu batuan atau tebing, relief 3 dimensi, untuk pembuatan taman klasik hindarilah bentuk kotak dan kaku.
Desain dari taman klasik ini biasanya mengaplikasikan sebuah kursi dan meja taman yang terbuat dari bahan kayu untuk memperkuat nuansa klasik pada taman. Namun jika ingin lebih modern, biasanya kursi dan meja yang dipilih pun sudah terbuat dari besi berdesain elegan atau dengan desain unik lainnya. Selain sebagai center point pada taman, kursi dan meja pun digunakan sebagai tempat santai keluarga saat sore tiba.

 

Taman Kering
Namanya saja taman kering, maka tentu saja ini merupakan taman yang paling sedikit membutuhkan air untuk perawatannya. Jenis tanaman yang digunakan pun biasanya yang tidak memerlukan banyak air untuk tumbuh. Banyak yang memilih taman kering sebagai alternatif yang dapat dipilih jika lahan di sekitar rumah tidak memungkinkan untuk dibangun taman yang cukup luas. Jenis taman ini dinilai cocok untuk anda yang terlalu sibuk sehingga tidak memiliki waktu untuk bercocok tanam.
Umumnya, taman kering terdiri dari 90% hardscape dan 10% softscape. Hal ini memungkinkan penyiraman tanaman seminggu sekali tanpa adanya pemangkasan. Selain minimnya perawatan yang diperlukan, desainnya yang simpel dan terlihat bersih sesuai dengan tampilan rumah modern minimalis zaman sekarang.

 

Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa

 

graha, taman, eksterior, tema taman

Artikel Terkait

Comments