Kadek Arini Baru Sadar Nyasar setelah 10 Jam Naik Kereta

Kadek Arini Baru Sadar Nyasar setelah 10 Jam Naik Kereta

Kadek Arini memang tidak selalu traveling seorang diri. Namun sekali waktu tiada berkawan menurutnya banyak tantangan yang menyenangkan.

 

”Karena nggak ada yang bisa diajak diskusi, jadi mau nggak mau harus komunikasi dengan orang-orang yang di temui di sekitar. Kalau ada masalah yang tak terduga harus diatasi sendiri juga. Misalnya, kalau traveling sama teman momen sedih bisa dibawa happy, kalau sendiri harus bisa kontrol mood biar happy terus. Hasilnya jadi lebih peka dan lebih banyak kenal orang orang baru,” urai Kadek Arini panjang lebar.

Keuntungan lain menurut Kadek, dirinya lebih bisa menjadi diri sendiri dan fleksibel. Sebab semua keputusan dia pegang sendiri. Jika tak waspada dan teliti akibatnya memang bisa fatal. Dia menyebut pernah ditipu taksi di Thailand dan nyasar naik kereta di China. ”Baru sadar setelah 10 jam di kereta, hahaha,” kenangnya tergelak.

Namun nyatanya itu tak membuat Kadek kapok berpetualang seorang diri. Menurutnya, tiada yang mulus dalam hidup ini.

”Aku menganggap semua hambatan kecil sebagai tantangan baru yang harus aku atasi. Kita tidak harus berhenti karena sebuah halangan bukan? Karena tantangan adalah petualangan seumur hidup dan itu selalu menjadi guru terbaik,” imbuh Kadek berfilosofi.

Karenanya Kadek tak dapat membayangkan berhenti berpetualang. Berdiam diri di rumah membuatnya merasa terhalang dinding tinggi yang menyempitkan pikirnya dalam memandang sesuatu.

”Aku adalah orang yang selalu haus pada pengetahuan dan pengalaman baru. Makanya aku selalu melakukan perjalanan untuk melihat berbagai hal baru supaya dapat berpikir lebih luas dari beragam sudut pandang. Aku merasa hal itu membuatku lebih bijak,” syukur travel blogger yang menggemari China, Turki, Vietnam, Thailand, Korea, Jawa dan Bali ini.

Lalu, apa trik dari Kadek untuk para wanita yang ingin mencoba petualangan serupa? Ini jawabnya:

  1. Ingat, perjalanan seorang diri tidak selalu menyenangkan, lebih banyak sakitnya mungkin. Tapi jika Anda ingin mengenal diri sendiri lebih dalam, lakukanlah! Anda akan menemukan pengalaman tak terlupakan. Yang utama, siapkan mental.
  2. Karena Anda akan berada jauh seorang diri, biarkan orang lain tahu lokasi Anda. Khususnya orang tua, atau teman terdekat. Jangan matikan whatsapp, imessage, atau line.
  3. Jangan lakukan perjalanan tanpa pengetahuan dasar tentang tempat yang akan Anda tuju. Ini penting untuk menghindari penipuan.
  4. Ikuti kata hati. Jangan biarkan perkataan orang menghalangi atau membatalkan rencanamu. Karena melakukan solo traveling akan melatih intuisi Anda untuk percaya dan berani memutuskan suatu hal.
  5. Siapkan 40% budget ekstra. Jangan sampai ketika ada suatu hal mendesak, misalnya Anda harus membeli tiket kereta kelas 1 demi keamanan, jadi terhambat karena tidak punya budget.
  6. Jangan berpikir terlalu banyak. Baik atau buruk tergantung bagaimana Anda melihatnya. Tetaplah positif!
  7. Kurangi pasang muka bingung ala turis, berjalanlah seperti biasa dengan percaya diri. Ibaratkan diri Anda sedang tidak dalam wisata, supaya terhindar dari sasaran penipuan.
  8. Senyum, dan ajaklah seseorang bicara. Jangan takut, karena tentunya Anda sudah dewasa untuk membedakan mana yang baik dan buruk untuk diajak bicara. *

Teks: Kristina Rahayu Lestari   I   Foto: Dok.Pri

Kisah, Female Solo Traveler, Wanita, Wanita Indonesia, Traveling Sendirian, Inspiratif, Berani, Tabloid

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments