Susunan Rak Dinding

Susunan Rak Dinding

Menghias dinding kosong di rumah bisa dengan banyak hal. Ingin mendekornya dengan wall sticker, tapi gambar yang Anda inginkan tidak ada. Meletakkan beberapa bingkai foto, rasanya sudah terlalu banyak foto yang dipajang. Lalu bagaimana menghiasnya? Bagaimana jika Anda menempatkan rak pada satu sisi dinding. Beberapa dekorasi modern lebih memilih membuat rak dibanding menyediakan lemari penyimpanan. Karena rak dinding tidak seperti lemari yang memiliki kaki di bawahnya, maka ruang dibawah rak dinding dapat dimanfaatkan untuk meletakkan barang lainnya seperti furnitur, sofa, vas bunga, dan lain sebagainya. Berikut beberapa desain rak atau ambalan yang mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk dinding yang kosong.

Honeycomb
Anda tahu sarang lebah, bukan? Bagaimana jika aplikasi sarang lebah dituangkan menjadi rak yang menghiasi dinding pada area di sebelah tangga menuju lantai dua. Bentuklah rak honeycomb menjadi satu kesatuan, tapi tidak usah terlalu banyak. Cukup lima sampai enam rak saja, dan letakkan beberapa vas bunga untuk membuat suasana hijau. Bunga-bunga cerah pun bisa menghiasi vas.
Jika menginginkan kesan alami, amplas dan pernis saja rak tersebut. Tetapi jika ingin menimbulkan kesan minimalis atau playful, cat rak dengan berbagai warna kesukaan.

Rak Gantung
Cobalah membuat rak jenis ini di dapur. Daripada menyimpan mangkuk dan koleksi cangkir di lemari, lebih baik keluarkan dan pajang di atas rak. Dengan koleksi piring-piring cantik dan cangkir teh yang unik, rak Anda akan terlihat artistik dengan sendirinya.
Namun harus diingat, jangan membuat rak gantung yang terlalu tinggi, agar Anda bisa dengan mudah untuk mengambil peralatan makan yang diperlukan. Selain bisa menyimpan alat-alat makan, rak gantung di dapur juga bisa dijadikan tempat meletakkan botol-botol bumbu dapur.

Industrial
Salah satu ciri khas dari desain industrial adalah railing besi yang menjadi penyangga. Ternyata gaya ini juga bisa diadaptasi untuk rak. Untuk meja kerja Anda di rumah, misalnya, buatlah menyatu dengan rak gaya industrial ini. Jadi Anda bisa meletakkan buku-buku panduan dan juga tumpukan kertas kerja saat sedang membuat konsep di laptop Anda. Konon katanya, orang-orang yang mengusung konsep minimalis modern, lebih menyukai rak model ini, terutama laki-laki, karena lebih berkesan maskulin.

Jembatan
Sebenarnya konsep rak jembatan tidak jauh berbeda dengan rak gantung, hanya saja dengan diberi penambahan tali. Buatlah bolongan di sisi-sisi rak untuk memasukkan tali ukuran tambang kecil. Agar terkesan menggantung seperti jembatan, buatlah simpul mati di bagian bawah rak. Bisa dikatakan model ini cukup digemari karena memberikan kesan DIY pada dinding Anda. hanya saja, jangan semua rak gantung Anda buat dengan konsep jembatan. Terlalu banyak tali-temali akan membuat kesan kusut dan sempit.

Rak TV
Bukan hanya sebagai tempat vas atau tempat memamerkan koleksi tea cup Anda, rak juga ternyata bisa diajdikan sebagai tempat televisi Anda. Buatlah dua sampai tiga layer rak gantung yang cukup panjang untuk meletakkan tv layar datar Anda. Di sampingnya, Anda bisa meletakkan player dan juga tumpukan koleksi CD. Sangat minimalis dan elegan, bukan?

Artistik
Pada kamar tidur Anda, mintalah tukang kayu untuk membuat rak yang kesannya artistik. Seperti contoh gambar berikut, di mana rak terlihat bertingkat mau jatuh. Letakkan di pojok kamar dan simpan beberapa buku dan majalah di sana. Dijamin tampilan kamar Anda tidak lagi membosankan.

Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa

Graha, rak, dinding, interior, dekorasi

Artikel Terkait

Comments