Cara Modern Mengatur Keuangan

    11 May 2017
Cara Modern Mengatur Keuangan

Di zaman yang serba modern ini bukan hal yang sulit untuk mengatur keuangan. Anda tidak harus repot keluar-masuk bank hanya untuk bertransaksi atau memonitor keuangan. Cukup andalkan aplikasi, semua terasa mudah hanya dengan sekali klik. Namun, benarkan sedemikian praktisnya?

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk membuat pos pengeluaran. Baik itu memisahkan rekening payroll dengan rekening kebutuhan sehari-hari, menyediakan amplop khusus dan cara yang dianggap efektif lainnya.
    
Untuk memudahkan itu semua banyak aplikasi keuangan yang bermunculan. Si pengguna hanya perlu memasukan pendapatan, meng-input setiap pengeluaran melalui ponsel pintar. Aplikasi kemudian akan menghitung secara rinci serta memunculkan grafik keuangan layaknya berkonsultasi dengan pakar keuangan.
    
Menurut pakar keuangan Aakar Abyasa Fidzuno, mengandalkan aplikasi keuangan sebagai monitor keuangan pada dasarnya cukup efektif mencatat anggaran. Namun jarang orang yang konsisten dan mau melaporkan keuangannya secara rutin.
    
“Dilihat secara teknik, aplikasi-aplikasi keuangan cukup efektif. Namun yang terjadi sering kali eksekusinya itu nggak gampang. Orang masih enggan melaporkan riwayat keuangannya,” jelasnya kepada WI beberapa waktu silam.
    
Jika benang merahnya dirunut, lanjut Aakar, hal tersebut terjadi karena banyak orang Indonesia yang belum memaksimalkan teknologi di bidang keuangan. Ditambah lagi kebiasaan dalam hal mencatat kebutuhan dan pengeluaran sehari-hari yang masih dianggap kurang.
    
Ia memberikan contoh, masih banyak orang yang enggan mengumpulkan bill makan siang mereka. Bagi mereka yang tengah menjalankan disiplin keuangan, kebiasaan ini tentunya membuat pencatatan arus keuangan sedikit terabaikan.
    
“Masih banyak yang berpikir ‘yang penting uangnya masih sisa’. Sejauh ini orang masih memilih memisahkan rekening mengandalkan aplikasi. Orang enggan menelusuri kehidupan finansial,” jelasnya.
    
Tanpa melihat hadirnya aplikasi atau tidak, kegiatan mencatat setiap pengeluaran masih menjadi pekerjaan rumah yang panjang.
    
“Mengatur finansial ini masih PR (pekerjaan rumah). Sebab cara ini belum aplikatif dengan gaya hidup kita. Permasalahan yang sama juga sering muncul bahkan di negara-negara besar,” urainya.
    
Kendati demikian, ia pun menganjurkan untuk tak ada salahnya bersikap disiplin terhadap keuangan. Mengandalkan aplikasi keuangan tentu menjadi solusi baru agar goal keuangan menjadi lebih baik. Selain itu, cara ini juga cocok bagi para wanita untuk menata keuangannya menjadi lebih praktis.
    
“Mengandalkan aplikasi yang ditawarkan mampu memudahkan pencatatan, penyederhanaan angka dan jadi lebih detail rekam alur keuangannya,” tutup Aakar.

Teks: Fauziah Purwanti
Foto: Istimewa

Keuangan, atur keuangan, cara modern, modern, cara

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments