Kuku Cantik, Kutikula Sehat

Kuku Cantik, Kutikula Sehat

Kuku yang cantik, bersih tentu akan terlihat percuma jika memilki kutikula (kulit yang mengeras disekitar kuku) yang tampak kusam dan berantakan. Meski terlihat sepele,  menjaga kesehatan kutikula harus dilakukan sebab selain untuk melindungi akar kuku, si kulit transparan ini berfungsi untuk mencegah masuknya bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Secantik apapun kukunya kalau kutikulanya tidak sehat sama saja, Kuku yang indah berawal dari kutikula yang sehat, Berikut ini sejumlah tips untuk menjaga kesehatan kuku dan kutikula

Meremdam dengan Air Hangat

Merendam tangan dengan air hangat dapat membuat kutikula dan kuku lebih lembut. Setelah beberapa menit, keringkan dan oleskan minyak zaitun pada kuku hingga ujungnya. Diusahakan memberi pijatan perlahan.

Jangan Memotong Kutikula

Menghilangkan kutikula kuku sama saja artinya Anda menghilangkan sistem perlindungan alami kuku Anda. Memotong kutikula juga bisa berdampak pada infeksi kuku yang akan menimbulkan ruam merah, bengkak, kuku tidak rata, bahkan kerusakan permanen pada kuku Anda.

Saat tekstur kuku dan kulit yang masih lembut, masukan kutikula yang keluar kedalam kuku. Lakukan dorongan secara perlahan agar kulit kuku tidak tertarik dan menyebabkan luka

Jaga Kelembapan Kutikula

Setelah cat kuku dibersihkan dan bentuk kutikula telah dirapikan, oleskan pelembab pada kuku. Anda bisa menggunakan body lotion atau hair conditioner. Fungsinya, untuk melembutkan kutikula kuku yang mengeras.  

Berhenti Gunakan Cat Kuku Sembarangan
Penggunaan cat kuku yang tidak tepat menjadi penyebab utama kerusakan kuku. Untuk itu ccat kuku mulai mengelupas dan sudah lama menempel di jari-jari sebaiknya segera dibersihkan. Pengunakan cairan pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton juga dianjurkan . Sebab aseton adalah bahan kimia keras yang bisa membuat tangan dan kuku kering.

kutikula, kuku,kesehatan, kulit

Artikel Terkait

Comments