Perlukah Mengonsumsi SUPERFOOD ?

Perlukah Mengonsumsi SUPERFOOD ?

Superfood adalah kelompok makanan yang dianggap memiliki kekayaan nutrisi begitu padat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Namun demikian, tidak ada set kriteria maupun daftar yang disetujui dari sejumlah makanan tertentu untuk menentukan apa yang tergolong superfood dan bukan.

Menurut American Heart Association, superfood tidak memiliki kelompok makanan mereka sendiri. Despina Hyde, seorang ahli diet terdaftar dalam program manajemen berat badan dari Langone Medical Center di New York University, mengatakan bahwa superfood lebih kepada istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan.

“Namun karena animo masyarakat dunia sangat fokus terhadap superfood, akibatnya yang terjadi malah orang hanya memfokuskan diri untuk mengonsumsi satu atau dua jenis makanan super untuk menutupi pola makan yang buruk atas dasar ekspektasi yang tidak realistis terhadap makanan-makanan ini,” ujarnya.

Selain itu, sebagian besar penelitian seputar superfood yang menguji senyawa kimiawi dan ekstraksi konsentrasinya tidak ditemukan dalam keadaan alami makanan tersebut. Bawang putih, contohnya, sebagai salah satu superfood dengan kandungan nutrisi yang diduga membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah. Tapi, pada kenyataannya, untuk mencapat gol tersebut, Anda diharuskan untuk makan hingga 28 siung bawang putih dalam satu hari untuk menyamai dosis yang digunakan pada penelitian.

-----------
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa