5 Makanan Yang Masuk Dalam Kelompok SUPERFOOD

5 Makanan Yang Masuk Dalam Kelompok SUPERFOOD

Jika Anda memang ingin mengonsumsi makanan yang diberi label superfood secara teratur, ada baiknya memilih secara tepat, agar bisa berfungsi dengan baik di dalam tubuh. Jangan hanya terpatok pada chia seed saja, tetapi beberapa contoh makanan superfood yang layak dicoba, bisa Anda tiru seperti di bawah ini.

Telur
Telur memiliki rapor cemerlang dalam kandungan protein yang berkualitas tinggi, termasuk mineral dan vitamin penting, seperti vitamin K, B12, dan asam folat. Satu butir telur mengandung sepertiga dari jumlah harian vitamin K yang direkomendasikan untuk wanita. Untuk manfaat kesehatan yang optimal, konsumsi telur dua sampai tiga porsi dalam seminggu.

Ikan Berminyak
Salmon, sarden, dan tuna hanyalah beberapa contohnya. Ikan berminyak adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik, termasuk juga mineral seperti iodin, kalium, selenium, dan zinc. Salmon misalnya, mengandung banyak vitamin D dan selenium untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, dan tulang. Selain deretan nutrisi di atas, sarden juga diperkaya oleh vitamin B. Untuk manfaat kesehatan yang optimal, konsumsi ikan berminyak pilihan Anda setidaknya tiga kali seminggu.

Quinoa
Quinoa merupakan alternatif nasi yang sempurna untuk sarapan pagi. Cara penyajiannya pun praktis, cukup merendamnya di susu pilihan untuk menambahkan nilai proteinnya.
Quinoa berasal dari benih tanaman yang berhubungan dengan bayam, berprotein lengkap, yang berarti ia mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot dan memperbaiki diri. Makanan ini pun tinggi protein, sedikit karbohidrat dan lemak sehat, asam amino yang disebut lisin, demikian pula dengan vitamin B6, tiamin, niasin, kalium, riboflavin, tembaga, zin, magnesium, dan asam folat.

Kale
Banyak yang salah mengenali antara kale dan bayam. Tidak heran memang, karena kale bisa dianggap sebagai ‘sepupu bayam’. Sayuran ini berdaun hijau gelap yang tinggi serat dan diperkaya oleh vitamin dan mineral.
Walaupun rasanya agak pahit, kale mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kulit dalam memperlambat penuaan dini. Kale juga mengandung lutein, nutrisi yang bermanfaat bagi rona kulit tubuh dan wajah, serta mencerahkan bagian putih mata. Satu porsi kale yang dimasak memberikan Anda lebih dari setengah asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Kiwi
Buah kiwi diberi label makanan super karena mengandung jangkauan nutrisi lebih luas daripada beberapa buah-buahan lainnya. Buah ini mengandung vitamin C lebih besar dibanding jeruk dan lemon. Selain itu, kiwi juga mengandung serotonin, hormon yang membantu mendorong dan mempertahankan tidur. Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2011 pada Asia Pasifik Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi kiwi terbukti dapat membuat istirahat malam yang lebih baik pada orang dengan gangguan tidur.


Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa