Sukulen, Tanaman Hias Dalam Ruang

Sukulen, Tanaman Hias Dalam Ruang

Tren membuat rumah menjadi hijau sedang marak. Walaupun lahan sempit, namun bisa diakali dengan  membuat hidroponik dan vertical garden dalam rumah. Bagaimana jika sekarang Anda mencoba membuat taman kecil dalam pot dengan menggunakan sukulen? Pasti imut dan cantik sekali!

Bagi para pencinta tanaman, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah sukulen. Namun, bagi Anda yang baru saja ingin mencoba menanam sukulen, perlu mengetahui terlebih dahulu tentang tanaman ini. Sukulen adalah tanaman yang dapat bertahan dalam kondisi kekeringan sekalipun. Karena biasanya bagian daun, batang atau akarnya memiliki jaringan yang mampu menyimpan air.

Lalu apa bedanya dengan kaktus? Pada dasarnya, sukulen bukan merupakan nama sebuah family tumbuhan seperti kaktus. Akan tetapi sukulen merupakan istilah untuk tumbuhan yang mempunyai karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya. Secara fisik sukulen memiliki kelopak seperti daun,  Sementara, kaktus mengganti  jaringan daun dalam bentuk duri.  Jadi semua kaktus adalah tanaman sukulen. Namun tidak semua sukulen adalah kaktus.

Tanaman sukulen cocok dipakai untuk taman kering. Perlu diingat, jenis tanaman ini tidak perlu diberi pupuk berlebihan. Cukup sebulan sekali. Untuk pemberian air pun tidak perlu setiap hari. Dan jangan langsung menyiram air pada media tanam sukulen. Cukup percik atau semprot kecil ujung-ujung daunnya minimal seminggu sekali.


Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa

graha, interior, tanaman, hias, tanaman hias, sukulen

Artikel Terkait

Comments