Tanamkan Cinta Pada Bangsa

Tanamkan Cinta Pada Bangsa

Ada banyak cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membuat anaknya memiiki rasa cinta terhadap tanah air. Berikut di antaranya yang dijabarkan Ratih Ibrahim, M.M.,Psikolog Klinis:

Orang Tua Harus Sungguh Mencintai Indonesia
Kembali orang tua memegang peranan penting dalam hal ini. Jika ingin anak memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi, maka orang tua harus lebih dahulu memiliki dan menunjukkan kecintaannya.
Lebih mudah jika kita paham dan mengamalkan betul nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku anak adalah cerminan segala perilaku orang tua. Berikan pemahaman dengan bahasa yang mudah dimengerti kepada anak.

Orang Tua Harus Tahu dan Bisa Menjelaskan Tentang Sejarah Bangsa
Selain mendapatkan pelajaran di sekolah, ada baiknya kita juga memperkenalkan sejarah bangsa secara langsung kepada si kecil. Bisa dengan berbagai cara, seperti membacakan cerita dari buku-buku dengan bahasa yang mudah dimengerti, atau memberinya perjalanan akhir pekan mengunjungi museum yang memiliki banyak cerita sejarah.
Lakukan dengan cara yang menyenangkan agar anak tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.

Jangan Pernah Menghina Bangsa Sendiri
Seburuk apapun hal-hal yang terjadi pada bangsa, ajarkanlah anak untuk tidak melakukan penghinaan terhadap bangsa. Ajarkan anak untuk senantiasa menjunjung dan menghormati bangsa ini, sebagai tanah kelahiran dan identitas diri yang harus selalu dijaga.

Eksplorasi Keindahan Indonesia
Alih-alih mengajak anak berlibur ke luar negeri, mengapa kita tidak mengajaknya keliling bumi pertiwi terlebih dahulu. Banyak sekali wilayah-wilayah di Indonesia yang bisa dijelajahi.
Dalam perjalanan liburan tersebut, sekalian kita memperkenalkan budaya dan hal-hal yang menarik tentang setiap tempat yang dikunjungi.

Ajak Anak untuk Menghargai Adat dan Budaya
Salah satu cara yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah mengajak anak untuk menjaga adat dan budaya sebagai wujud cinta dan penghargaan terhadap bumi Indonesia. Dimulai dari hal kecil seperti, tidak menyelak antrian, membuang sampah pada tempatnya, tertib berlalu lintas, menghargai dan bergaul dengan siapa saja tanpa membedakan suku, agama, ras, dan golongan.

Melalui Makanan
Selain memperkenalkan anak melalui perjalanan mengunjungi daerah-daerah lain di Indonesia, Anda juga bisa memperkenalkannya melalui aneka kuliner Indonesia yang lezat. Biarkan anak mengecap setiap rasa khas yang bahan-bahannya hanya dapat diperoleh di Indonesia. Kebanggaan rasa ini nantinya bisa membuatnya cinta pada Tanah Air.

-----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa