Pentingkah Mengaktifkan Speaker Pintar?

Pentingkah Mengaktifkan Speaker Pintar?

Pada banyak smartphone, hadirnya speaker pintar dinilai sebagai kecanggihan tersendiri. Bagaimana tidak, jika Anda malas untuk mengetik atau meng-klik aplikasi, tinggal bicara saja pada speaker pintar, lalu keinginan Anda di smartphone akan terpenuhi. Bahkan kini speaker pintar sudah hadir dalam bentuk portable. Tetapi, seberapa penting fungsi speaker pintar ini?

Mungkin bagi Anda yang masih asing dengan speaker pintar, sulit untuk menebak-nebak apa fungsinya. Namun bagi mereka pengguna iPhone dengan seri S (siri), kehadiran speaker pintar pada smartphone mereka sudah seperti asisten pribadi. Apa pun bisa mereka tanyakan. Mulai dari informasi jalan, mencari restoran, hingga berbincang-bincang dengan siri.

Karena banyak orang yang tertarik dengan konsep ini, semakin banyak pula produsen yang membuat speaker pintar portable, yang terpisah dari handphone dan bisa dibawa ke mana saja. Misalnya, jika si pengguna berada di luar rumah, speaker pintar adalah kunci masuk dari smart house.

Bayangkan Anda memiliki semua jenis perangkat pintar di rumah. Untuk mengendalikannya, Anda hanya perlu berbicara dengan sebuah perangkat bernama speaker pintar. Berikut beberapa speaker pintar yang telah dijual di pasaran, yang memungkinkan Anda memiliki asisten pribadi di rumah.

Amazon Echo
Speaker yang satu ini adalah buatan raksasa e-commerce asal Amerika Serikat. Amazon Echo didukung oleh kekuatan cerdas bernama Alexa. Keunggulan dari Amazon Echo adalah kemudahan untuk berbelanja. Cukup berbicara sambil santai-santai di sofa, segala kebutuhan akan mudah didapatkan. Secara statistik, pemilik Amazon mengatakan bahwa sejak Amazon Echo diluncurkan, konsumen online mereka bertambah sekitar 10%.
Jika Anda tertarik untuk memiliki speaker ini, Anda harus merogoh kocek sebesar $140 atau sekitar Rp 1,8 juta.

Google Home
Dilihat dari namanya saja, orang-orang pasti tahu bahwa speaker ini adalah besutan dari si mesin pencari raksasa terbesar di dunia, Google. Google Home didukung oleh kekuatan Google Assistant. Speaker ini bisa digunakan sebagai teman untuk mengobrol karena speaker ini bisa merespon dan menjawab semua pertanyaan yang kita ajukan dengan tepat dan akurat. Ini berkat kecerdasan buatan dari Google yang telah disematkan pada speaker pintar ini.
Speaker ini juga bisa diintegrasikan dengan berbagai platform lainnya yang lebih dulu ada seperti YouTube, Spotify, Google Play Music, iHeart Radio, Tunein, Pandora, Nest dan lain-lain. Karena alasan inilah, harga speaker Google Home dibanderol cukup mahal, sekitar Rp 3 juta rupiah.

HomePod
Melihat nama belakangnya, sepertinya Apple kini juga ikut bersaing dengan para koleganya. Hampir sama dengan siri pada iPhone, hanya saja dalam bentuk portable. Anda pun harus memiliki iPhone berseri S untuk bisa mengaktifkannya.
Cara mengaktifkan HomePod cukup unik, karena Anda harus mengatakan, ‘Hey Siri’ pada speaker terlebih dahulu. Seperti menyapa seorang teman, bukan? Ketika Siri diaktifkan akan muncul gelombang warna di bagian atas HomePod. Selain itu, menggunakan HomePod dapat mengirimkan iMessage dari speaker ini. Tidak ketinggalan pengontrolan perangkat HomeKit dari jarak jauh.
Tentu saja untuk masalah harga, Apple selalu menawarkan harga yang lebih tinggi dibanding pesaingnya. Anda harus menyiapkan $349 atau sekitar Rp 4,6 juta. Dan untuk peluncuran pertamanya, HomePod akan menyambangi Amerika Serikat, Inggris dan Australia terlebih dahulu di akhir tahun, sebelum bisa dipasarkan ke seluruh dunia.

Mi Al Speaker
Xiaomi memastikan diri mengikuti jejak perusahaan teknologi lain yang merilis speaker pintar. Bersamaan dengan peluncuran MIUI 9, perusahaan tersebut turut memperkenalkan Mi AI Speaker. Mi AI Speaker dibekali dengan enam mikrofon omnidirectional yang dapat menerima perintah suara dari jarak hingga 16 meter.
Sebagai tambahan, speaker ini juga dapat memiliki fungsi tambahan, seperti membuat panggilan telepon atau mengumumkan notifikasi dari smartphone. Belum dapat dipastikan kapan speaker ini mulai dipasarkan, tapi perangkat ini akan dibanderol dengan harga terjangkau, $45 atau sekitar Rp 590 ribu.

----
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa