Cocktail Atau Mocktail?

Cocktail Atau Mocktail?

Bicara mengenai minuman racikan, ada dua jenis minuman yang tentu sangat familiar bagi Anda yang menyukai kreasi minuman racikan. Ya, mereka adalah cocktail dan mocktail. Kedua jenis minuman ini sering sekali menjadi objek kreatifitas para mixologist, karena memang keduanya adalah minuman yang terbuat dari campuran aneka bahan. Meski memiliki nama yang mirip dan sama-sama minuman racikan, tahukah Anda bahwa cocktail dan mocktail itu berbeda?

Cocktail
Cocktail adalah minuman yang terbuat dari campuran dua atau lebih bahan, yang biasanya terdiri dari bahan dasar dan bahan campuran. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat cocktail biasanya merupakan minuman beralkohol, seperti Whisky, Brandy, Gin, Rum, Tequila, dan lain sebagainya. Sementara bahan campurannya beragam, seperti sari buah, sirup, gula, krim, anggur, dan masih banyak lagi, tergantung bagaimana mengkreasikannya.

Mocktail
Nah, kalau yang satu ini aman untuk dikonsumsi oleh orang yang tidak suka atau tidak mengonsumsi alkohol. Mocktail memang muncul setelah cocktail, sebagai alternatif bagi mereka yang menyukai minuman racikan tetapi tidak ingin yang beralkohol. Mocktail ini biasanya terbuat dari sari buah, sirup, gula, soda, krim, dan bahan-bahan lainnya.
Karena rasanya yang manis dan menyegarkan, mocktail bisa menjadi minuman pendamping kegiatan makan Anda, meskipun cocok juga dinikmati kala santai bersama teman atau keluarga. Karena tidak mengandung alkohol, mocktail ini bisa dibilang merupakan minuman yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

-----------
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa