Alami Sembuhkan Batuk

Alami Sembuhkan Batuk

Seiring dengan perubahan cuaca yang semakin tidak menentu, meningkatnya kadar polusi udara di perkotaan, serta kegemaran mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan kebiasaan merokok, membuat peluang terkena batuk dan gangguan tenggorokan semakin tinggi. Lalu apakah batuk bisa disembuhkan dengan cara alami?

Menurut DR. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL(K), Konsultan dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, batuk bukanlah penyakit, melainkan reflek proteksi tubuh untuk membersihkan jalan napas atau tenggorok ketika terpapar oleh lendir atau pertikel kecil.

“Adapun radang tenggorok merupakan istilah umum yang menggambarkan rasa sakit tenggorokan, baik saat menelan ludah ataupun makanan. Bahkan dalam kasus yang berat, tidak menelan apa-apa saja sudah terasa sakit. Penyebab batuk dan radang tenggorokan tersering adalah infeksi jalan napas atas yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Virus atau bakteri itu menghasilkan lendir yang mengiritasi jalan napas. Mengonsumsi obat batuk dapat membantu memperlancar dan melegakan proses pernapasan,” ujarnya dalam acara Herbal Ziplong beberapa waktu lalu.

Hindari Antibiotik

Saat ini, dr. Fauziah sering menemukan bahwa banyak orang yang masih mengandalkan antibiotik saat batuk menyerang. Apalagi jika batuk sudah lebih dari seminggu. Padahal penggunaan antibiotik berlebih dapat saja menimbulkan reaksi berbahaya dalam tubuh.

"Jangan sedikit-sedikit pakai antibiotik. Antibiotik ini bisa menimbulkan resistensi yang justru membuat virus dan bakteri semakin kebal. Resistensi bakteri terhadap antibiotik justru menyebabkan penyakit yang diidap semakin lama di dalam tubuh tanpa adanya tanda-tanda membaik," katanya.

Paparan antibiotik yang berulang kali dalam waktu yang lama akan membuat bakteri semakin kuat melawan efek obat mengembangkan ketahanan. Hal ini akan membuat penyakit justru sulit diobati. Jika masih dalam tahap ringan, Fauziah sendiri lebih menyarankan untuk memperbanyak minum air putih, dan menghindari makanan berminyak yang yang bisa menimbulkan batuk. Namun jika terus berlanjut hingga lebih dari dua minggu dan disertai demam, sebaiknya langsung konsultasikan kepada dokter.

“Tapi jika masih bisa ditangani sendiri, coba saja ramuan sirup herbal. Mengonsumsi sirup herbal bisa memperlancar dan melegakan proses bernapas," terangnya.

------
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa