Maksimalkan Widget di Gadget

Maksimalkan Widget di Gadget

Semakin lama semakin banyak saja konsumen yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android. Bukan hanya sistem operasi yang open resources, Android juga dipercaya lebih mudah dimengerti dibanding pesaingnya yang lain. salah satu sistem yang dapat dimaksimalkan dalam Android adalah widget. Tentu nama ini sudah tidak asing bagi Anda, bukan?

Widget adalah sebuah perwakilan dari aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan fitur dari aplikasi yang diwakilkan tersebut secara langsung tanpa harus membuka aplikasi sesungguhnya. Biasanya widget terletak pada home screen atau tampilan awal layar perangkat Android.

Fitur widget terus mengalami pembaruan dari waktu ke waktu. Sayangnya, kebanyakan dari Anda tidak mau ambil pusing memerhatikan fungsi widget yang bisa memudahkan cara kerja smartphone Anda. Bahkan terkadang mereka juga tak pernah mengutak-atik fitur tersebut. Berikut beberapa widget yang bisa Anda coba agar produktivitas di Android bisa semakin praktis.

Evernote
Aplikasi ini sangat berguna jika Anda gemar untuk mencatat segala sesuatu hal yang penting untuk kebutuhan Anda. Anda juga dapat memilih dari sejumlah sejenis Evernote, termasuk shortcut ke salah satu catatan favorit Anda, sebuah bar dengan tindakan utama Anda dan daftar yang lebih besar akan menampilkan informasi lebih rinci.

Android Pro
Android Pro adalah rangkaian widget yang akan membuat homescreen menjadi apa pun yang Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat menambahkan widget kalender untuk menampilkan acara mendatang, pin kontak favorit atau grup kontak Anda ke layar awal. Bookmark browser Anda untuk akses cepat ke sumber berita utama atau umpan media sosial Anda.

Baterai HD
Aplikasi ini akan memberi tahu Anda berapa banyak baterai yang tersisa pada ponsel, dan memunculkan aplikasi yang membuat baterai Anda cepat terkuras. Karena sifatnya gratis, jadi Anda tidak bisa mengetahui secara detail soal suhu handphone. Tapi minimal dengan warning baterai akan habis, widget ini cukup berguna juga.

DashClock
Perangkat lunak ini bukan hanya widget pada layar awal, tapi juga widget layar kunci jika Anda menggunakan Android versi Jelly Bean dan KitKat. DashClock akan menampilkan data yang disesuaikan, seperti cuaca di lokasi Anda berada, memperlihatkan juga panggilan tak terjawab dan pesan yang belum dibaca, menunjukkan peristiwa yang Anda simpan di kalender dan percakapan prioritas di email Anda dan alarm yang Anda jadwalkan.

ToDo
Salah satu aplikasi milik Microsoft yang menjadi favorit ini memungkinkan Anda mendapatkan umpan dari semua hal yang seharusnya dilakukan hari ini di layar smartphone. Setelah menyelesaikan tugas, Anda dapat membuat centang dan menambahkan lebih banyak tugas dari daftar individual atau menuju ke layar saran yang akan menunjukkan kepada Anda apa yang akan ditambahkan.

Watchtower
Jika Anda termasuk salah satu pengguna smartphone yang aware terhadap daya tahan baterai, widget berbayar yang satu ini wajib di-download. Selain memberikan informasi spesifik tetang baterai handphone, informasi mengenai cuaca, waktu, tanggal dan lainnya pun sangat lengkap. Semua itu langsung berada di lockscreen. Anda masih bisa memilih di antara beberapa skema berbeda untuk widget.


PENTING DIINGAT!!

Widget memang membuat tampilan layar Android Anda menjadi lebih cantik dan memiliki tema sendiri. Namun, terlalu banyak mengaktifkan widget ternyata memiliki dampak buruk. Smartphone Anda akan terasa cepat ‘lemot’ karena ‘ngelag’. Ini dikarenakan widget memiliki daya yang cukup berat. Jadi jika RAM di smartphone Anda kurang mumpuni, sebaiknya menggunakan widget seperlunya saja.

-----
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa