Jelajah Rasa Kuliner Pulau Dewata

Jelajah Rasa Kuliner Pulau Dewata

Sebagai salah satu pesona yang dimiliki Indonesia, Bali merupakan salah satu daerah yang memiliki kekayaan budaya yang seolah tak ada matinya, termasuk dalam urusan makanan.

Ayam Betutu


Jika ditanya soal makanan khas dari Bali, tentu yang mungkin akan langsung terlintas di pikiran Anda adalah ayam betutu. Ya, makanan ini sepertinya memang telah menjadi ikon kuliner khas Bali. Dalam pembuatannya, bumbu-bumbu yang digunakan dimasukan ke bagian dalam perut ayam. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api dalam waktu yang cukup lama, bahkan bisa mencapai 24 jam, jika menginginkan rasa yang gurih, lembut, dan pedas yang otentik.

 

Sate Lilit


Tak seperti hidangan sate pada umumnya yang dagingnya dipotong kecil lalu ditusuk, di Bali, ada sate lilit yang dibuat dengan cara melilitkan daging yang telah dicincang halus dan dibumbui pada batang serai atau potongan bambu. Daging yang digunakan pun bisa daging ayam, ikan tenggiri, maupun campuran keduanya.

 

Rujak Kuah Pindang


Yang satu ini tidak akan Anda temukan di mana pun selain di Bali. Rujak kuah pindang merupakan sajian rujak yang berbeda dari rujak lainnya. Dibilang begitu, karena rujak ini berisi potongan mangga muda, nanas, jambu air, bengkuang, dan mentimun, yang disiram menggunakan kuah yang terbuat dari  ikan pindang yang dicampur dengan cabai dan terasi yang dihaluskan. Unik bukan?

Lawar Kuwir


Lawar sebenarnya merupakan hidangan khas Bali yang menggunakan daging babi. Nah, Lawar Kuwir ini merupakan modifikasi bagi Anda yang tidak suka daging babi, karena menggunakan daging bebek sebagai gantinya. Daging bebek yang sudah dicincang kemudian dicampur dengan potongan-potongan kacang panjang, parutan kelapa, serta dilumuri bumbu khas Bali. Lawar kuwir ini biasa disajikan dengan nasi putih hangat, sate lilit, kacang tanah, dan makanan pelengkap lainnya.

 

Serombotan


Jika di Jawa ada urap, maka di Bali ada serombotan. Hampir mirip dengan urap, serombotan ini terbuat dari sayur-sayuran rebus, seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, terong bulat, tauge, dan pare. Lalu dibumbui dengan bumbu yang bernama ‘Kalas’, yaitu semacam santan yang dicampur dengan bumbu-bumbu halus, seperti kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kencur. Bisa juga ditambah cabai atau bumbu pedas sebagai penambah rasa.

-----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa