Pentingnya Hanger untuk Pakaian Dalam Lemari

Pentingnya Hanger untuk Pakaian Dalam Lemari

Jangan remehkan si kecil gantungan pakaian ini. Hanger digunakan untuk menggantung baju, khususnya gaun, long dress atau kemeja agar kondisi pakaian tetap rapi.

Awalnya, di dunia mode hanger digunakan untuk menggantung jas, agar memperlihatkan desain jas secara detail. Seiring perkembangannya, hanger tak lagi digunakan untuk jas saja, tetapi juga untuk berbagai jenis pakaian.

Begitu istimewanya hanger, sampai-sampai pada kabinet dan lemari kamar Anda, ada satu ruang khusus, di mana railing panjang tersedia untuk menggantung pakaian dengan hanger. Seiring perkembangan zaman, desain hanger pun kini makin beragam. Ada yang dilengkapi dengan clip, hingga bahan pembuat yang tidak hanya dari besi, melainkan kayu dan plastik.

Umunya hanger yang sering Anda jumpai adalah hanger dengan bentuk segitiga. Namun ada juga hanger berbentuk segiempat dengan beberapa tonjolan kayu sebagai pengait baju. Biasanya hanger jenis ini tidak diletakkan di lemari, melainkan berada di belakang pintu kamar mandi ataupun dipatri di tembok. Kelemahan hanger jenis kail ini adalah meninggalkan imbas kusut pada pakaian bila hendak dikenakan lagi. Untuk itu biasanya handuk atau lap tangan saja yang digantungkan pada hanger kail.

Penggunaan hanger ketika menjemur baju dapat bermanfaat ketika Anda sehabis mencuci pakaian. Jika biasanya Anda menjemur pakaian pada seutas tali yang dikencangkan, akan lebih maksimal jika menggunakan hanger. Karena angin dan sinar matahari tidak akan terhambat untuk masuk ke dalam serat baju.


Apa Saja Jenisnya?

Hanger yang berfungsi membuat baju tetap tersimpan rapi memiliki berbagai jenis disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat membeli hanger yang sesuai kebutuhan atau bisa diselaraskan dengan dekorasi ruangan. Berikut adalah jenis-jenis hanger baju yang biasa dijual di pasaran.

Hanger Kayu
Hanger ini membuat lemari Anda terlihat lebih natural, elegan dan berkelas. Namun harus diperhatikan, ada hanger yang didesain dengan model cat mengilap, ada juga yang hanya kayu tanpa plitur. Untuk jenis mengilap dengan plitur, sesekali bersihkanlah hanger dengan cara membersihkannya dengan kain seminggu sekali. Namun untuk hanger yang terbuat dari kayu polos tanpa plitur, sesekali keluarkan dari lemari pakaian agar tidak berjamur.

Hanger Besi
Gantungan ini memiliki bentuk tipis dan pipih sehingga dapat disusun dalam jumlah banyak. Hanger besi lebih tahan lama dan menampilkan kesan cantik sekaligus ringkas. Daya tahan hanger besi bisa mencapai puluhan kilo.

Hanger Plastik
Ini ialah hanger paling hemat dan memiliki berbagai pilihan warna. Ada hanger plastik yang tipis dan tebal sekaligus kokoh. Pilihlah yang berkualitas agar hanger tahan lama.

Hanger Baju Anak
Ini adalah hanger jenis khusus yang memiliki ukuran mini, menyesuaikan baju anak-anak. Hanger baju anak ini ada nan terbuat dari plastik, besi, dan kayu.

Hanger Celana atau Rok
Hanger ini dilengkapi dengan dua buah jepitan buat memastikan celana atau rok tak terlepas. Jepit saja bagian pinggir celana atau rok agar tidak terjadi kusut saat penyimpanan.

-----
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa