Agar Pakaian Tidak Bau Apek

Agar Pakaian Tidak Bau Apek

Musim hujan sepertinya akan datang kembali. Salah satu masalah yang paling sering Anda alami saat musim hujan adalah pakaian yang bau dan sulit untuk kering. Anda perlu tips ampuh untuk membuat pakaian kering dan tidak bau apek di saat musim hujan.

Gunakan Pengering
Kebanyakan mesin cuci sudah dilengkapi dengan mesin pengering dan untuk membuat pakaian kering lebih cepat. Dengan mesin ini, tentunya pakaian akan lebih cepat kering walaupun cuaca sedang hujan. Jika tidak memiliki mesin cuci, bisa menggunakan alat lain seperti kipas angin dan hair dryer untuk membantu baju kering lebih cepat.

Jemur Di Tempat Berangin
Anda bisa membuat tempat jemuran di atas rumah (yang beratap) dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar bisa membantu baju jadi kering lebih cepat. Atau jika dijemur di dalam ruangan, berikan angin buatan dari kipas angin untuk membantu proses pengeringan berjalan lebih cepat.

Manfaatkan Panas Setrika
Jika ada pakaian yang belum benar-benar kering, Anda bisa menyetrikanya. Tapi hindari menyemprotkan pewangi pada pakaian yang belum kering karena justru akan menimbulkan bau apek.

Simpan Baju Berbahan Katun dan Wool
Baju yang terbuat dari bahan katun lebih menyerap banyak air dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering, walaupun sudah dikeringkan dengan mesin pengering. Nah karena itu, sebaiknya hindari menggunakan kedua bahan tersebut saat musim hujan.

-----
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa