Rencanakan Liburan Low Budget

1

Apakah Anda hobi traveling? Jika iya, pasti sudah memiliki trik tersendiri agar bisa mengatur waktu dan keuangan untuk liburan. Tenang saja, tidak semua liburan akan menghabiskan budget secara gila-gilaan. Tidak, jika Anda mengetahui triknya.

Beberapa dari Anda tentu pernah mendengar cerita teman, bagaimana mereka bisa pergi liburan ke luar kota atau negeri dengan tiket pesawat yang murah. Atau tentang harga sewa penginapan yang bisa sampai setengah harga. Tentunya dengan beberapa persiapan dari jauh-jauh hari, liburan low budget pun bisa didapatkan.

Riset
Hal yang terpenting saat Anda ingin mengunjungi suatu tempat saat liburan adalah melakukan riset. Contohnya, bagaimana akses perjalannya, apakah perlu menyewa mobil atau bisa menggunakan kendaraan umum. Cari tahu jenis kendaraan umumnya. Di beberapa negara, Anda hanya perlu menggunakan satu kartu saja untuk semua alat transportasi darat.
Lalu cari tahu tempat-tempat yang akan dikunjungi, apakah bersifat gratis atau memungut biaya. Cari tempat-tempat wisata yang gratis, tetapi tetap memiliki nilai budaya. Riset bisa dilakukan melalui internet, atau bertanya langsung dengan teman yang pernah ke sana.

Ala Backpacker
Dengan membawa satu tas carrier ala pendaki gunung, pengeluaran Anda akan jauh lebih hemat. Ini karena Anda bisa menimbang-nimbang hal-hal penting apa saja yang wajib dibawa. Jika ingin membeli oleh-oleh pun, pikiran Anda akan langsung tertuju pada carrier yang memiliki ruang lebih sempit dibanding koper. Otomatis akan mengerem hasrat belanja Anda secara gila-gilaan.

Berangkat saat Weekdays
Tentunya para traveler sudah akrab dengan istilah hunting tiket murah. Hunting yang dilakukan benar-benar memakan waktu seharian penuh dan secara berkala. Anda juga harus tahu, bahwa harga tiket pesawat terkadang lebih murah jika memesan di hari Selasa. Kenapa demikian, karena saat weekdays di pertengahan hari, banyak orang-orang yang tidak merencanakan perjalanan liburan. Selain itu, pesan tiket dari jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan, seperti dua atau tiga bulan sebelum berangkat, misalnya. Harga tiket akan jauh lebh murah dibanding memesan tiket beberapa hari sebelum berangkat.
Ingat juga, sebagian orang melakukan perjalanan pada siang hari. Bagi para traveler yang ingin menghemat pengeluaran, harusnya menghindari perjalanan pada siang hari. Karena jika perjalanan dilakukan malam hari, kemungkinan besar sampai di tempat tujuan keesokan harinya, dan Anda langsung bisa bereksplorasi tanpa harus pergi ke hotel.

Makan di Tempat Lokal
Ketika berkunjung ke suatu tempat, satu hal yang mesti diperhatikan adalah biaya makan. Hindari untuk makan di restoran mewah. Selain itu hindari makan di area tempat wisata, karena harganya biasanya jauh lebih mahal. Carilah tempat makan tradisional yang ukurannya tidak terlalu besar dan mewah. Biasanya letaknya agak terpencil, namun tetap memiliki rasa lokal yang enak.

Manfaatkan Kartu Kredit
Bila ingin liburan ke luar negeri, penggunaan kartu kredit yang akan memberikan banyak manfaat. Biasanya bank akan memberikan sejumlah promo agar para pemegang kartu mau menggunakan alat ini ketika bertransaksi. Contoh, terkadang ada kartu kredit yang memberikan promo tiket murah dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda pun akan mendapat reward point yang bila sudah terkumpul dengan jumlah tertentu bisa ditukar dengan promo atau hadiah tertentu.

Hindari Berbelanja di Tourist Spot
Berbelanja oleh-oleh adalah hal yang tidak bisa dihindari saat liburan. Tetapi coba hal ini, hindari berbelanja di area tourist spot. Cari pasar tradisional atau flea market yang menyajikan kerajinan tangan lokal dengan harga yang lebih murah.

-----
Teks: Rizkita Lubis
Foto: Istimewa