7 Skin Method, Benarkah Bisa Membuat Kulit Bersinar Alami?

Industri kecantikan Korea selalu menghadirkan inovasi terbaru, baik dalam produk maupun teknik kecantikan. Jika Anda sudah mengetahui 10 tahapan skincare ala K-beauty, kini para wanita negeri ginseng tersebut sedang menggilai teknik ‘7 Skin Method’. Blogger dan beauty Indonesia bahkan sudah mencobanya!

7 Skin Method
Fakta uniknya, istilah ‘skin’ dan ‘toner’ dalam bahasa Korea adalah sama, yaitu 피부 (pi bu). Teknik ini dilakukan dengan cara mengaplikasikan  7 macam toner berbeda setelah Anda mencuci wajah. Awalnya, metode ini diciptakan untuk mengganti efek berminyak yang disebabkan oleh krim pelembap.  Dengan menggunakan toner selama berkali-kali, kulit Anda juga dapat lebih mudah menyerap kandungan-kandungan yang terdapat dalam krim pelembab selanjutnya. Hasilnya wajah Anda akan terlihat lebih bercahaya dan terhidrasi, cocok untuk kulit normal cenderung kering.

Gunakan toner yang tepat
Pilih toner yang fungsinya untuk memberi hidrasi kulit, dan bukan toner yang digunakan untuk eksfoliasi, karena tujuan 7 Skin Method adalah untuk menghidrasi kulit dan menjadikan kulit lebih glowing (bersinar). Selain itu, pilih toner yang ringan dan tidak lengket supaya bisa cepat menyerap kulit. Pilih toner yang cocok untuk kondisi kulit kita masing-masing.  Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak juga dapat mencoba ‘7 Skin Method’.
Gunakan jenis essence toner, yang juga dikenal sebagai kunci utama dari tahapan perawatan kulit Korea. Biasanya, toner ini digunakan pertama kali sehabis Anda mencuci wajah. Dengan formula yang berbasis air, produk ini dapat menyerap ke dalam kulit dan menghidrasinya. Hindari toner yang mengandung alkohol, karena selain berpotensi membuat kulit kering juga dapat mengakibatkan iritasi jika penggunaannya lebih dari sekali.

Cara aplikasi
Toner pertama dipakai dengan cara menuangkan ke kapas lalu usap seluruh wajah secara merata. Kemudian toner kedua hingga ketujuh dipakai dengan menuangkannya di telapak tangan, lalu gosok kedua tangan dengan lembut hingga suhu tangan naik, setelah itu tepuk pelan-pelan ke wajah sambil memberikan tekanan seperti layaknya memijat wajah. Pemakaian dari toner pertama ke toner selanjutnya menunggu hingga toner pertama meresap ke kulit wajah kira-kira selama 2-3 menit dan seterusnya hingga toner ke 7.

Lakukan langkah demi langkah
Untuk melakukan’ 7 Skin Method’ ini Anda tidak bisa memulainya dengan langsung menggunakan toner sebanyak 7 kali dalam satu waktu. Menurut Young-Ji Park, founder dari Purpletale (Korean Beauty Skin Care), Anda harus memulainya secara bertahap. Jadi Anda harus mengetes reaksi dari kulit Anda dulu, mulai dengan mengapalikasikan toner sebanyak 2 atau 3 kali dan jika terlihat tidak ada masalah, tambahkan frekuensi penggunaan toner di hari-hari selanjutnya.

Tidak perlu dilanjutkan dengan essence, serum, atau moisturizer lagi
Anda tidak perlu lagi menggunakan essence, serum, atau moisturizer karena ‘7 Skin Method’ sudah membantu melembapkan wajah dan meningkatkan kadar air dalam wajah sehingga kulit wajah menjadi lembut dan bersinar. Tapi, kalau Anda punya jenis kulit yang sangat kering, atau sedang berada di negara yang iklimnya kering, Anda bisa menambah pelembap sesudahnya. Tapi bagi kita yang tinggal di Indonesia, bisa langsung menggunakan tabir surya untuk melindungi dari paparan sinar matahari di pagi hari sebelum beraktivitas, lalu langsung lanjut dengan memakai makeup jika diinginkan. Pada malam hari Anda bisa menambahkan penggunaan eye cream.

Aman dilakukan
Seorang dermatologis dari New York yang bernama Joshua Zeichner, berkata bahwa 7 Skin Method’ sangat aman selama toner yang digunakan tidak mengandung alkohol, karena kandungan alkohol tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Untungnya, K-beauty hampir selalu mengeluarkan inovasi toner yang bebas alkohol dan menggunakan bahan-bahan yang terjamin aman, serta mampu melembabkan dan mencerahkan secara alami.

Tips singkat dari Sarah Lee dan Christine Chang, CEO Glow Recipe
1. Tidak menambahkan skincare apapun lagi setelah 7 skin method tersebut, dan langsung mengoleskan sunscreen + make up. Hasilnya sangat memuaskan, kulit terhidrasi sempurna dan make up ready.

2. Dalam kondisi cuaca yang lebih kering, musim hujan misalnya, gunakan pelembap berbasis air. Hal ini dilakukanagar kulit terhidrasi sepanjang hari, dan riasan pun dapat lebih awet.

3. Pada malam hari, gunakan krim malam dan eye cream di daerah sekitar mata yang sensitif. Atau, Anda juga bisa menggunakan sleeping mask yang sedang ngetren di Korea. Sepanjang malam, kulit Anda tetap terhidrasi dengan baik dan kulit wajaha Anda akan lebih cerah keesokan paginya.

Tags: