Bebas Kantung Mata Berkat Bahan dari Rumah

Ada satu ungkapan yang menyebut: mata adalah jendela hati, karena mata bisa menyampaikan segalanya melebihi kata-kata. Sayangnya, lingkaran hitam di bawah mata dapat mengganggu pancaran keindahan mata, bahkan membuat penampilan kita jadi tidak maksimal.

Munculnya kantung mata yang cenderung berwarna gelap sering dikaitkan dengan gaya hidup para workaholic yang sering bekerja hingga larut malam. Kurang tidur menjadi salah faktor penyebab dari kebiasaan yang tidak sehat. Faktor dari luar tubuh juga turut memengaruhi, seperti mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dan paparan sinar ultraviolet (UV). Produk kosmetika seperti concealer memang dapat menyamarkan ‘mata panda’, tapi tidak merawat agar hilang secara permanen. Kabar baiknya, tidak sulit untuk menghilangkan kantung mata. Bahkan, kita bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur rumah. Kuncinya hanya satu: rutin!

Yuk cek bahan-bahan berikut!

Es batu

Sifat dingin dari es ampuh menyegarkan dan melembabkan kulit. Pengaplikasiannya cukup mudah, bungkus es batu dengan kain bersih dan usapkan perlahan-lahan di area kantung mata

Kentang

Selain menjadi sumber karbohidrat yang lezat, kentang juga mengandung enzim catecholase yang bekerja sebagai pemutih alami. Parut halus kentang yang sudah dikupas dan ambil ekstraknya. Dinginkan selama beberapa saat di dalam kulkas, lalu gunakan kapas untuk mengoleskannya di kulit bagian bawah mata. Tunggu selama lima menit kemudian bilas hingga bersih.

Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang kaya dengan air dan serat. Cocok digunakan untuk mengompres mata agar aliran darah di sekitar kulit mata kembali lancar. Direkomendasikan menggunakan mentimun dingin, iris dan tempelkan pada mata selama 10 - 15 menit.

Ampas teh kantung

Jangan buang teh kantung yang Anda seduh di pagi hari. Karena ampasnya ternyata bermanfaat. Kandungan kafein dalam teh dapat mengurangi pembengkakan yang membuat mata terlihat berat. Bisa menggunakan teh hijau, teh hitam, atau jenis teh apa pun yang mengandung kafein. Dinginkan ampas teh kantung di dalam kulkas, kemudian tempelkan di area mata kurang lebih selama 20 menit.

 Kopi

Sama halnya dengan teh, kopi bersifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan bengkak pada mata. Campurkan bubuk kopi dengan air dingin (dengan komposisi 1:1), aduk hingga rata. Oleskan di bagian bawah mata dan diamkan sekitar 20 - 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

 

Tags: