Trik Menyimpan Kemeja yang Mudah Kusut

 

Pakaian mencerminkan diri kita dari luar. Maka, merawat pakaian menjadi hal yang perlu diperhatikan. Terutama untuk pakaian dengan bahan yang mudah kusut.

Baik dalam proses mencuci, setrika, hingga penyimpanan sangat penting untuk memastikan pakaian kita agar selalu rapi. Dengan begitu, akan memperkecil kemungkinan kita untuk menyetrika ulang pakaian dari dalam lemari karena kusut saat disimpan.

Misalnya pakaian berbahan dasar katun. Katun banyak digemari karena efeknya yang ringan, nyaman dan mudah menyerap keringat. Cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari di negara beriklim tropis.

Ada juga rayon yang tergolong kain semi sintetis, yaitu perpaduan antara serat alami dan buatan. Rayon memiliki elastisitas yang baik dan nyaman dipakai. Kedua bahan tersebut umumnya digunakan sebagai bahan dasar membuat kemeja. Namun, baik katun maupun rayon, termasuk bahan yang mudah kusut. Sehingga, senilai dengan kenyamanan yang diberikan, perlu ada perhatian lebih soal penyimpanannya.

Salah satu cara penyimpanan kemeja yang disarankan adalah dengan menggantungnya.

Lauren Hill, dalam situs pribadinya www.mamaslaundrytalk.com, membeberkan cara yang tepat untuk menggantung kemeja di dalam lemari.

Segera gantung kemeja setelah digosok

Beberapa orang sering kali tanpa sadar tidak langsung menggantung kemeja setelah digosok, melainkan membentangkannya di tempat tidur atau menyantolkan di gagang pintu. Jika Anda lengah, bisa saja kemeja terjatuh saat orang lain memutar gagang pintu. Atau, anjing peliharaan menarik hasil kerja keras Anda dari tempat tidur dan membuatnya kembali kusut.

Gunakan gantungan berbahan dasar kayu atau plastik

Kebanyakan tempat binatu menggunakan gantungan berbahan kawat karena lebih tipis sehingga tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya di dalam lemari. Namun, gantungan kawat dapat menimbulkan bekas di bagian bahu dan membuat kemeja justru jadi mengerut.

Seimbangkan posisi kemeja dan kancingkan

Terutama pada bagian belakang bahu dan kerah. Setelah berada dalam posisi yang pas, masukkan kancing bagian kerah, rapikan kembali, dan kancingkan sisanya.

Beri jarak antara setiap pakaian yang digantung

 Jarak yang ideal adalah sekitar 1 – 2 inci. Karena jika kemeja-kemeja digantung berdekatan, maka bisa membuat kerutan, yang tentu ingin Anda hindari.

Teks: Lucia

Tags: