Cegah Polusi Merusak Kulit Cantikmu Kini dan Nanti

Beraktivitas di luar ruangan memang menyenangkan dan Anda dapat menemukan hal-hal yang baru. Namun kini, kondisi lingkungan sudah jauh berbeda karena tingkat polusi yang semakin tinggi.

Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dengan kondisi jalanan yang senantiasa penuh dengan kendaraan bermotor, membuat lingkungan luar tak lagi bersahabat. Debu dan asap buangan kendaraan pun seakan menjadi santapan sehari-hari.

Masalah ini kian mengkhawatirkan karena tidak hanya membuat kulit terlihat kusam, tapi polusi juga bisa merusak kulit dari dalam. Ahli dermatologi Eddy Karta menjelaskan, polusi tak hanya yang kasat mata, ada juga yang tak terlihat karena bentuknya amat kecil mencapai ukuran nano.

“Polusi yang dihasilkan kendaraan bermotor lebih kecil dari polusi asap pabrik. Jika terpapar selama 5 – 10 menit, partikel nano polusi bisa masuk langsung ke dalam kulit,” katanya.

Jika polusi menyumbat pori-pori kulit, maka kulit bisa meradang dan memunculkan permasalahan lainnya seperti jerawat, kulit kering, noda hitam, hingga tanda-tanda penuaan dini.

Apabila kegiatan sehari-hari mengharuskan Anda seringkali berhadapan dengan lingkungan luar, Anda perlu mengetahui perawatan kulit yang tepat untuk menangkal dampak buruk polusi dan menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Berikut ini tips yang diberikan oleh Eddy:

Pakai pelembab dan tabir surya setiap hari

Fungsi pelembab dan tabir surya diibaratkan lapisan kulit kedua. Tujuannya agar dapat menangkal polusi dan tidak langsung masuk ke dalam pori-pori kulit. Sebelum memakai produk, pastikan kulit dalam keadaan bersih dan wajah bebas dari make up. Penggunaan tabir surya juga harus diperhatikan, jangan lupa untuk me-reapply­ nya ya!

Mengonsumsi makanan sumber antioksidan

Polusi adalah sumber radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Karena hal ini, perawatan dari luar juga perlu diseimbangkan dengan perawatan dari dalam,. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Buah-buahan: apel, delima, anggur, jeruk, mangga.
  • Sayur-sayuran: bayam, brokoli, tomat, wortel, asparagus.
  • Kacang-kacangan: almond, kenari, pecan, kacang merah

Gunakan pelindung

Jika Anda diharuskan berada di luar ruangan dalam waktu yang lama dan terpapar panasnya sinar matahari, gunakan pakaian yang tertutup. Gunakan lengan panjang, celana panjang dan juga sepatu, serta gunakan topi untuk menutupi wajah terpapar langsung sinar UV.*