Mungil & Fungsional

Mungil & Fungsional

Rumah dengan lahan minimalis tak kemudian menyurutkan kreativitas pasangan muda, Hanni Haryati dan Hadi Saputra. Dengan tatanan sederhana, rumah mungil mereka di bilangan Buah Batu, Bandung menjadi hunian layak huni yang menginspirasi banyak pasangan muda lainnya.

Memaksimalkan lahan seluas 78m2 ternyata tak sulit. Hanya dengan luas bangunan 45m2, Hanni dan Hadi bisa memaksimalkan fungsi setiap ruang.
    
“Rumah kami sebenarnya adalah perumahan biasa dengan desain yang sudah ditentukan oleh Developer. Beruntung kami mendapatkan rumah yang bisa diubah denah dan desainnya lagi setelah negosiasi dengan pihak Developer,” ucap Hanni membuka percakapan tentang rumah mungilnya.
    
Saat ini rumah yang sudah ditempati selama kurang lebih 1 tahun, tetap menampilkan fasad depan yang sudah ditentukan Developer. Hanya saja, bagian dalamnya sengaja dibuat lowong untuk menciptakan kesan luas di lahan yang terbatas.
    
“Tidak ada konsep khusus tentang rumah kami, hanya saja kami ingin memiliki rumah yang walaupun mungil tetap terang, nuansa putih, simpel dan minimalis,” jelas Hanni.
    
Untuk mengisi rumah cantik tersebut, Hanni dan sang suami sedikit-sedikit mencari informasi tentang bagaimana menata rumah dengan furnitur yang simpel dan minimalis. Pilihannya pun jatuh pada furnitur berwarna putih dengan aksen warna-warna terang pada aksesoris pelengkap.
    
“Bagi kami, pasangan baru, rumah ini sudah cukup dijadikan sebagai rumah idaman. Tentu saja sebelum kami mulai menabung kembali untuk merenovasi ulang atau dapat membeli rumah baru yang lebih luas seiring dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga kami ke depannya,” ucap Hanni menutup perjumpaan dengan WI.


Ruang tamu dan ruang keluarga yang dibuat lowong. Kesan luas langsung terasa dengan penempatan pintu kaca menuju ruang makan dan dapur.

------

Ruang makan serbaguna dengan konsep indoor garden dengan bentuk atap di dak berfungsi juga sebagai gudang.

------

Dapur mungil yang juga sekaligus area mencuci pakaian.

------

Detail taplak, sarung bantal dan bunga serta dedaunan rambat menjadi

salah satu aksen yang mempercantik tampilan di setiap ruangan.

------

Tegel bernuansa vintage sengaja dipasang pada dinding kamar mandi untuk menciptakan kesan hangat.

Ambalan plastik sengaja dipilih untuk menghemat ruang sekaligus menjadi detail cantik dekorasi ruang.

-------

Meski hampir seluruh bagian dindin rumah dicat dengan warna putih bersih, beberapa sudut sengaja diberikan wall sticker sebagai dekorasi.

--------

Kamar tidur mungil bisa disiasati dengan memasang ambalan sebagai pemanis.

Pemilihan furnitur bergaris minimalis menjadi satu kunci utama untuk mengisi ruang hemat lahan.


------
Rumah Milik
Hanni Haryati dan Hadi Saputra
Buah Batu - Bandung - Jawa Barat

------
Teks: Anindita Nasution
Foto: Dok. Pribadi