Agar Ibu Hamil Bisa Makan Dengan Nyaman

Agar Ibu Hamil Bisa Makan Dengan Nyaman

Bagi seorang wanita, masa-masa kehamilan memang menjadi momen yang istimewa. Meski setiap individu berbeda, tetap saja akan ada banyak hal yang berubah, mulai dari perubahan fisik yang memang tak bisa dihindari, hingga permasalahan-permasalahan lain yang muncul hanya pada masa kehamilan.

Pada trimester pertama, gejala yang biasa muncul pada hampir semua ibu hamil adalah mual dan muntah. Menurut dr. Shanty Ayu, SpOG, dokter spesialis kandungan, hal ini merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap ibu hamil.

Namun, tak jarang pula rasa mual itu mengganggu selera makan ibu hamil, yang mengakibatkan pola makannya juga jadi tidak teratur. Padahal, bayi di dalam kandungan butuh asupan nutrisi yang cukup dari ibunya.

Makan Sedikit, Tetapi Sering

“Masih banyak anggapan bahwa ibu hamil harus makan lebih banyak untuk ia dan bayi dalam kandungan. Padahal sebenarnya tidak harus banyak sekali, tidak harus dua kali lipat juga. Per harinya, ibu hamil membutuhkan hanya 300 Kalori,” papar dr. Shanty.
    
Ibu hamil harus bisa menyiasati periode makan. Karena pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil biasanya mengalami mual dan muntah yang sangat parah. Pada masa tersebut, ibu bisa makan setiap dua jam sekali untuk memenuhi kebutuhan kalori yang terbuang. Dalam tahap ini, dr Shanty menyarankan agar tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, terlalu berbumbu, terlalu berminyak dan terlalu asam. Hal ini masih banyak dilakukan dengan anggapan bahwa makanan yang terlalu terasa tajam itu dapat membuat mual berkurang. Padahal sebenarnya itu hanya memuaskan indera perasa saja. Salah-salah, lambung Anda bisa iritasi dan rasa mual justru semakin terasa.
    
Pada trimester kedua, biasanya sudah sedikit lebih nyaman. Rasa mual pun biasanya mulai berkurang. Jadi, pola makan pun bisa sedikit dtambah, tetapi jarak waktunya jangan terlalu jauh. Di antara tiga kali makan besar, bisa diselingi dengan makanan ringan, seperti buah-buahan, puding, dan lain-lain.


Yang Perlu Diperhatikan!

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, terkait pemilihan makanan. Berikut beberapa yang penting di antaranya menurut dr. Shanty:

  • Hindari makanan setengah matang, seperti telor setengah matang atau daging setengah matang, karena dikhawatirkan ada bakteri salmonella di dalamnya.
  • Perhatikan asupan karbohidrat. Yang bagus memang menerapkan pola makan 3x makan berat dan 2x selingan. Tetapi perlu diperhatikan juga asupan karbohidrat tidak sampai berlebihan. Karena karbohidrat yang tidak terbakar itu akan berubah menjadi gula. Asupan gula yang berlebih itu dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya diabetes pada bayi.

------
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa