Kalahkan Nicole Kidman, Marsha Timothy: Berkat Dukungan Vino Bastian

Kalahkan Nicole Kidman, Marsha Timothy: Berkat Dukungan Vino Bastian

Marsha Timothy dinobatkan sebagai Best Actress lewat film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak di ajang Sitges International Fantastic Film Festival ke-50 di Catalunya, Spanyol. Yang luar biasa, dia mengalahkan Nicole Kidman.

 

”Marsha Timothy menangkan penghargaan juri internasional bergengsi sebagai aktris terbaik dari Sitges International Fantastic Film Festival, yang diselenggarakan pada tanggal 5-15 Oktober di Spanyol. Ia terpilih diantara unggulan lain termasuk Nicole Kidman, Masami Nagasawa, dan Monika Balsai.” Begitu pengumuman Mouly Surya, sutradara Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak dalam akun Instagram.

Mouly menambahkan, filmnya berkompetisi di Sitges dengan 34 film lain termasuk di antaranya The Killing of a Sacred Deer (Yorgos Lanthimos), Blade Of The Immortal (Takashi Miike), Before We Vanish (Kiyoshi Kurosawa).

”Film Jupiter’s Moon karya Kornél Mundruczó terpilih sebagai film terbaik. Film Marlina juga mendapatkan Special Mention di kategori Focus Asia,” lanjut Mouly.

Perjalanan Marlina cukup panjang. Film ini sempat terseleksi dalam Asian Project Market di Busan International Festival 2015, Korea Selatan dan Cinefondation L’Ateller Cannes Film Festival 2016.

Marlina juga menjadi film Indonesia pertama yang menerima subsidi bergengsi dari Kementerian Luar Negeri dan Kementrian Kebudayaan Prancis, Cinema du Monde.

Oktober ini, Marlina kembali berkompetisi di Sitges Film Festival 2017 di Spanyol. Dan nama Marsha Timothy sebagai pemeran utama diumumkan menjadi aktris terbaik.

Kuda Tanpa Pelana

Kabar gembira kemenangan itu diterima Marsha yang masih sibuk menjalani syuting film terbarunya, Wiro Sableng. Mengunggah ulang postingan Mouly Surya, dia mengungkap rasa syukurnya.

Im honored and humbled to accept this award...Alhamdulillah (Saya merasa terhormat dan rendah hati untuk menerima penghargaan ini. Alhamdulillah),” tulis ibunda Jizzy Pearl Bastian ini.

Marsha tak menyangka dirinya mengalahkan sejumlah nominator. Salah satunya aktris internasional Nicole Kidman yang bermain lewat film How to talk to Girls at Parties.

Segala lelah dan kerja keras Marsha belajar dialek Sumba hingga menunggang kuda terbayar manis. ”Ini tantangan tersulit. Apalagi belajar naik kuda tanpa pelana dan motor trail yang membuat kakiku lecet-lecet. Belum lagi cuaca Sumba khas Nusa Tenggara Timur yang kering dan penuh debu,” tuturnya.

Wanita kelahiran 8 Januari 1979 ini mengatakan, kemenangannya tidak terlepas dari dukungan suaminya, Vino G. Bastian. ”Selama ini kami saling support. Setiap kali mendapat proyek film, kita selalu bahas peran yang akan dimainkan. Jadi pada saat film tayang kita nggak ada main kritikan apapun lagi. Tinggal menikmati saja,” papar Marsha.

Terbiasa Bawa Anak

Rasa syukur Marsha makin besar karena Vino tak pernah membatasi dirinya meski sekarang telah memiliki seorang putri. Bahkan mendukung saat dia membawa serta Jizzy meski lokasinya tak selalu nyaman.

Baca juga: Marsha Timothy Prioritaskan Pendidikan Anak

”Sejauh ini nggak pernah merasa kerepotan. Mungkin karena sudah terbiasa, sejak kecil sudah saya bawa kemana-mana. Mungkin bagi sebagian orang repot ya. Mungkin ada yang bilang, bawa diri sendiri saja sudah repot, apalagi bawa anak, hehehe.. Yang jelas bagasi juga bertambah,” ujar Marsha seraya tertawa.

Agar putrinya tak telantar selama syuting tiga minggu di Sumba, Marsha pun mengajak serta pengasuh buah hatinya. ”Satu bulan syuting, kurang lebih tiga minggu di Sumba, selebihnya diselesaikan di Jakarta, di studio. Alhamdulillah selain ada mbaknya saya punya teman-teman yang bisa bantu. Jadi saya nggak bolak-balik,” syukur putri pasangan Eugene Timothy dan Erna Hoekwater.

Meski kerap membawa serta anak ke lokasi syuting, rupanya Marsha tidak bermaksud untuk memperkenalkan anaknya dengan dunia film. Selain masih kecil, saat ini putri semata wayangnya belum menunjukkan ketertarikan pada dunia yang digeluti ayah dan ibunya itu.

”Sebenarnya kalau tawaran ada, tapi bukan di film. Tapi kayaknya sejauh ini anakku belum ada minat sih. Aku lihat dia nggak terlalu nyaman di depan kamera ya. Makanya kita nggak pernah suruh dia syuting,” lanjut Marsha.

Dikatakan Marsha, dalam segala hal, baik dia maupun Vino berusaha memberi kebebasan pada anaknya. ”Kami hanya memfasilitasinya dengan aneka kegiatan. Tapi tidak berusaha memaksakan dia harus menjadi sesuatu yang tidak dia sukai,” pungkas Marsha.*

Teks: Dewi Muchtar   I   Foto: Dok Instagram

Vino Bastian, Selebriti, Wanita Indonesia, Film

Artikel Terkait

Comments