Tips Cegah Depresi Pasca Melahirkan

Tips Cegah Depresi Pasca Melahirkan

Depresi pasca melahirkan, seperti Baby Blues atau Postpartum Depression memang sangat berpotensi terjadi pada setiap wanita setelah melahirkan. Namun ternyata, menurut psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, ada hal-hal yang bisa dilakukan oleh para calon ibu, untuk mencegah terjadinya depresi ini. Apa saja ya?

Jangan Berekspektasi Terlalu Tinggi
“Yang membuat stres itu adalah harapan tidak sesuai dengan realita. Jadi ketika membuat harapan dan target, harus realistis. Misalnya ketika hamil berpikir ‘aduh gue nggak mau nih, kalau hamil berat badannya naik melebihi 15 kg’. Itu kan seperti membuat target yang belum tentu bisa direlisasikan ya, jadi sebaiknya tidak usah,” kata Vera.
Sebenarnya boleh saja membuat target, tapi sebaiknya fleksibel, agar membuat Anda santai. Karena tanpa Anda membuat target untuk diri Anda, sudah ada berbagai hal yang menjadi beban baik secara hormonal, secara fisik maupun psikis, selama hamil hingga melahirkan. Jadi jangan ditambah dengan hal-hal lain yang hanya akan menjadi beban.

Persiapkan Diri
Setelah tidak berekspektasi tinggi, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan mempersiapkan diri adalah bersiap untuk segala keadaan terburuk yang mungkin saja terjadi di luar apa yang dibayangkan.
Selain persiapan mental, penting juga untuk mempersiapkan supporting system dari jauh sebelum waktu kelahiran tiba. Siapa yang akan membantu ini itu setelah melahirkan, setidaknya pada bulan-bulan pertama, di mana kondisi fisik belum pulih sepenuhnya. Jika tidak ada yang bisa membantu dari pihak keluarga, memakai jasa nanny juga bisa menjadi pertimbangan.
“Terkadang banyak yang berpikiran begini, ‘oh saya bisa kok sendiri, tidak usah pakai nanny, saya sendiri saja’. Berpendapat begitu boleh saja, tetapi kita juga harus sadari kalau kadang-kadang ‘kejadian’ dulu baru kita bisa rasakan, ‘oh ternyata nggak bisa ya sendiri’. Alangkah baiknya jika kita mempersiapkan diri untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk seperti ini,” tambahnya.

Bekali Diri dengan Informasi Akurat
Saat ini akses menuju setiap informasi yang ada di seluruh dunia seakan tak ada batasnya. Berbagai kanal yang menyediakan informasi seputar ibu dan anak pun bermunculan. Namun menurut Vera, sebaiknya Anda harus mulai memilah-milah sumber informasi mana yang paling akurat.
“Bekali diri dengan informasi dari sumber yang akurat. Itu sangat penting. Kadang kita terpengaruh dengan informasi dari mana-mana yang belum tentu benar. Jadi lebih baik pegang satu sumber yang menurut kita itu yang paling valid dan paling akurat. Bertanya pada yang sudah pernah melewati proses melahirkan dan membesarkan anak juga bisa menjadi pilihan,” tutur Vera.

Ibu, Hari Ibu, Depresi Pasca Melahirkan, Baby Blues. Postpartum Depression

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments