Spesial Natal

Chocolate Wreath

Chocolate Wreath

Bahan

  • 150 gr milk cooking chocolate
  • 275 gr semi white cooking chocolate
  • 20 gr maroon cooking chocolate
  • 30 gr green cooking chocolate
  • 20 gr milk fondant
  • 0,03 gr glitter perak
  • 5 gr corn flakes

Cara Membuat

  1. Lelehkan dengan cara ditim, 75 gr milk cooking chocolate. Oles cokelat ke cetakan berbentuk kotak motif kayu hingga seluruh dasarnya tertutup rata. Sisihkan hingga cokelat mengeras.
  2. Lelehkan juga dengan cara ditim, 175 gr semi white cooking chocolate, lalu tuang ke dalam cetakkan. Simpan dalam lemari pendingin hingga mengeras, kemudian keluarkan cokelat dari dalam cetakkan.
  3. Lelehkan dengan cara ditim, cokelat berwarna marun, hijau dan  milk cooking chocolate. Tuang ke dalam piping bag, masing-masing warna yang berbeda.
  4. Tuang ke dalam cetakan praline berbentuk ornamen Natal – lampu, pinus, dan tulisan. Simpan dalam lemari pendingin hingga mengeras, lalu keluarkan dari cetakan.
  5. Lelehkan dengan cara ditim, semi white cooking chocolate.
  6. Tambakan corn flakes di dalamnya, aduk rata. Tuang larutan tersebut ke dalam cetakan berbentuk ring berukuran besar sambil diratakan. Simpan di dalam lemari pendingin hingga mengeras, kemudian keluarkan adonan dari dalam cetakkan.
  7. Uleni milk fondant, kemudian gulung memanjang . Satukan kedua bagian ujung fondant, kemudian gulung kembali hingga berbentuk menyerupai tambang.

Penyelesaian  

  1. Siapkan cokelat berbentuk kotak motif kayu, letakkan cokelat berbentuk ring di atasnya.
  2. Semprot adonan milk cooking  chocolate dengan menggunakan spuit berlawanan arah dengan jarum jam hingga menutupi bagian permukaan cokelat. Sisihkan dalam lemari pendingin hingga mengeras, kemudian keluarkan dan hias dengan ornamen Natal cokelat.
  3. Tabur dengan glitter.

---------
Kreasi
Dapur Cokelat
Jakarta

---------
Teks: Budi Hartono
Foto: Dapur Cokelat