Intan Baiduri : Dari Kebutuhan Pribadi, Sukses Berbisnis Sulam Alis

Intan Baiduri :  Dari Kebutuhan Pribadi, Sukses Berbisnis Sulam Alis

Sama seperti orang butuh ke salon untuk mempercantikan tampilan rambutnya, kini kebutuhan terhadap sulam alis dan sambung bulu mata   sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat di perkotaan.  Bahkan  kebutuhan primer tersebut tidak saja dibutuhkan kaum  wanita tapi  juga para  pria.

 

Seiring dengan meningkatkan kebutuhan terhadap pelayanan sulam alis dan sambung bulu mata, banyak klinik kecantikan  yang secara khusus hanya memberikan jasa tersebut.

Seperti  yang terdapat pada klinik kecantikan milik Intan Baiduri, sosialita yang belakangan memilih berbisnis sulam alis dan sambung bulu mata.

Berangkat dari kebutuhan   dan hobinya mempercantik diri, sejak 1,5 tahun lalu, Intan mantap mendirikan Browsisintan. Selain kehadiran Brosisintan dapat memenuhi kebutuhan pribadinya, tentu saja Intan mendapatkan income yang cukup fantastis dari keahlian tersebut.

Intan menjelaskan saat ini sulam alis dan sambung bulu mata sudah menjadi kebutuhan standar para wanita di perkotaan.

“Jadi cewek-cewek sekarang punya alis nggak simetris atau kalau nggak pakai eye lashes itu nggak pede. Sulam alis, sambung bulu mata sudah jadi kebutuhan utama. Seperti saya suka bermake up. Saya suka dengan hal-hal kecantikan. Alis, bulu mata itu jadi perhatian utama saya. Dulu tiap sebentar pergi ke salon. Tapi lama-lama mikir juga. Lalu saya berpikir untuk ambil kursus, terus saya dalami lagi. Ikut kelas-kelas yang gurunya didatangkan dari luar negeri. Kebanyakan sih dari korea,”  ungkap Intan.

Saat ini teknik sulam alis dan sambung bulu mata memang berkiblat  ke negeri ginseng tersebut.

Alasannya  karena dari hasil terlihat lebih natural dan produk korea tidak kalah bagus dengan produk dari negara maju seperti , Amerika Serikat.

“Punya sertifikat dari korea  itu benar-benar jadi andalan. Dari teknik yang ada menghasilkan alis dan bulu mata yang soft, natural , alami. Jadi saya senang dengan semua hal yang berurusan dengan korea,”  terang Intan.

Sejak didirikan 1,5 tahun lalu, kini Intan telah memiliki 2 cabang studio, yaitu di Kebayoran dan Kebon Jeruk.

Intan memulai usaha ini dari nol alias dengan dana yang sangat terbatas. Bahkan untuk mengatasi ketiadaan studio, dia rela mendatangi customer secara  home visit.

Setidaknya selama 3-4 bulan Intan   harus bekerja keras,   mengumpulkan modal  untuk membuka studio.

“Setelah ada modal sedikit demi sedikit, saya pergunakan satu ruangan di kantor suami saya. Saya mulai terima customer disana.  Begitu melihat bisnis ini menjanjikan suami  saya baru mau memfasilitasi tempat yang lebih baik lagi. Kini sudah ada 2 studio yang saya kelola,” ucap Intan.

 

Terbuat dari Bahan Herbal dan Halal

Bicara tentang trend sulam alis, seperti yang diungkapkan Intan, segala sesuatu yang berbau korea selalu booming.

”Sekarang yang lagi trend adalah korean micro blading 6D. Itu hasil pengerjaannya halus banget. Sebenarnya tipenya dari 6-9 D, semua tergantung guratannya. Semakin penuh, dimensinya semakin banyak. Hasilnya menyerupai rambut asli, soft,” papar Intan.

Yang tak kalah popular, adalah teknik miss vibro  yang hasilnya seperti memakai  pensil alis. Kemudian ada pula teknik mixed dan micro shading.

“Kalau micro shading biasanya dipilih orang  untuk menutupi bekas tattoo alis. Nanti kita sulam ditempat yang lama. Jadi teknik sulam dan tattoo itu beda ya. Kalau sulam alis kita menggunakan tinta herbal, bahan utamanya dari batu, kulit penyu atau tanaman. Sementara tattoo kan bahan tintanya bersifat chemical,  dan tidak dijamin kehalalannya. Kalau teknik sulam karena bahannya dari herbal, sudah tentu halal,”  lanjut Intan.

Untuk ketahanan sulam alis sendiri boleh dibilang cukup lama. Untuk alis bisa bertahan mulai dari 3-4 tahun. Sementara untuk bulu mata hanya bertahan selama 1- 1,5 bulan.

“Biasanya untuk sulam alis ketahanannya tergantung pada kulit masing-masing. Kalau kulit yang sangat berminyak, biasanya  akan mudah pudar. Nah kalau untuk bulu mata keuntungannya nggak usah pakai bulu mata palsu lagi atau capek-capek menempel.  Ini lagi booming. Sudah jadi kebutuhan primer kaum cewek. Begitu bangun tidur, bulu matanya sudah tampil maksimal. Naik gojek juga nggak bakal copot

Kalau pakai lem bulu mata kan suka mengangga di ujungnya. Kalau ini nggak. Hahahaha,” ujar wanita wajahnya mirip dengan presenter Olla Ramlan,  ini.

Selain memberi pelayanan pada customer,  sejak 8 bulan lalu, Intan memberanikan diri memberikan khusus pelatihan sulam alis dan sambung bulu  mata.

Ini berawal dari permintaan customer  yang melihat hasil maksimal yang diberikan Intan.

“Gara-gara  melihat  hasil karya saya, orang mau belajar disini. Walaupun saya banyak menghasilkan orang pintar, saya merasa  nggak bakal kesaing kok. Tiap orang sudah ada rejeki masing-masing. Kalau sudah suka di satu tempat, pasti maunya kesitu aja,” kata Intan, bijak.

 

Alasan kenapa wanita wajib menggunakan sulam alis?

 

  1. Mempermudah hidupkarena tiaphari tidak perlu repot cari pensil alis.
  2. Dapat menyeimbangkan bentuk alis yang nggak simetris. Yang tinggi sebelah, panjang sebelah dengan sulam alis, bisa menyesuaikan supaya sama
  3. Sulam alis juga berfungsi sebagai aestetik. Bukan kebutuhan kaum hawa, tapi juga kaum adam yang pernah kecelakaan, alisnya menjadi tidak beraturan. Dengan sulam alis, kita perbaiki lagi. “Codet di alis, kita bentuk lebih rapih. Kita isi yang kosong. Sehingga alisnya nggak bolong,” ujar Intan.
  4. Sulam alis juga mengubah bentuk wajah menjadi lebih oke. Yang mukanya sedih, dengan bentuk alis yang baru jadi terlihat ceria. Yang alisnya turun diperbaiki supaya lebih sempurna
  5. Dari sisi kesehatan juga aman. Tintanyaberasal dari tumbuhan atau herbal. Dan yang terpenting bagi muslim/muslimahtidak perlu khawatir lagi karena produknya halal.

 

Foto: instagram @browsisintan, istimewa

 

trend sulam alis, sambung bulu mata, korean style, browsisintan, intan baiduri, wanita indonesia, 2017

Artikel Terkait

Comments