Selamat Datang di Dunia Wokee

Selamat Datang di Dunia Wokee

Sebuah mesin ATM Bank Bukopin terpasang di lobi IPC Corporate University di Ciawi, Jawa Barat. Satu per satu karyawan yang mengikuti rapat kerja di akhir pecan pertengahan Desember 2017 mencoba proses penarikan uang tanpa kartu. Memang bisa? Bisa! Itulah keunggulan Wokee yang tengah menjadi produk andalan Bank Bukopin

dalam menyambut era milenial. Wokee adalah aplikasi digital untuk para nasabah agar dapat dengan mudah mengakses layanan perbankan tanpa harus ke bank. Mulai dari membuka rekening, menabung dan membuat sub tabungan untuk berbagai keperluan. Bisa juga untuk berbelanja dan membayar aneka

tagihan. Semua itu dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Syarat utamanya tentulah harus ada jaringan internet. Sistem ini jelas memberikan efisiensi biaya dalam segala sisi. ”Karena Wokee tidak dilengkapi buku tabungan maupun kartu ATM. Wokee merupakan satu-satunya layanan perbankan digital banking khusus untuk tabungan yang memiliki dua fitur sekaligus, yaitu tabungan dan wallet. Ini yang membedakan Wokee dengan produk lain,” jelas Adhi Brahmantya, Direktur TI & Pengembangan Bisnis Bank Bukopin.

Adhi demikian sapanya menambahkan, produk ini ditujukan untuk generasi digital dan milenial yang senang bertransaksi online. ”Masyarakat tak perlu datang ke cabang-cabang untuk menjadi nasabah dan melakukan berbagai transaksi,” tegasnya.

Adhi juga menggarisbawahi, evolusi produk digital banking Wokee memiliki banyak keunggulan. Selain tak perlu datang ke bank untuk membuka rekening tabungan, nasabah dapat pula melakukan cash withdrawal atau penarikan tunai tanpa kartu ATM.

”Jadi tak perlu panik kalau dompet yang berisi kartu ATM ketinggalan di rumah,” kata Adhi. Selebihnya nasabah bisa berbelanja di merchant-merchant dengan media Pay by QR Code. Bukan itu saja. Wokee juga menyediakan fitur-fitur seperti payment and purchase untuk transaksi PLN ataupun pulsa seluler, split interest guna memisahkan saldo tabungan dengan bunga, send money antar rekening Wokee dan lain sebagainya.

Terus Berkembang dan Berinovasi

Berbagai kemudahan di atas baru awal dari keberadaan Wokee. Adhi menjanjikan, ke depan fitur-fitur Wokee akan terus dikembangkan. Prinsipnya mengikuti kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi.

Januari nanti misalnya, top up untuk wallet bisa langsung dilakukan dari server. Harapannya nanti bisa juga digunakan untuk membayar ojek online. Sebab aplikasi ini memang dirancang untuk dapat berkolaborasi dengan aplikasi-aplikasi lain. Contoh mitra yang sudah siap menjalin kerjasama adalah Paytren.

”Sistemnya bukan Paytren masuk ke Wokee melainkan Wokee yang masuk ke Paytren. Jadi kalau dulu kita mendatangi produk, sekarang produk datang ke kita,” urai Adhi. Tambahan fitur lain yang sudah disiapkan di antaranya Personal Finance Manager (Money Manager) yang berkolaborasi dengan startup fintech, Split Bill dan juga Pay in Apps untuk e-commerce.

Ke depannya lagi, bukan tidak mungkin penarikan tunai dapat dilakukan di luar ATM Bank Bukopin. Katakanlah toko-toko retail seperti Indomaret dan Alfamart.

”Kami sedang melakukan pendekatan. Tidak hanya dengan retail namun juga dengan bank lain, misalnya memanfaatkan mesin ATM Bersama. Untuk sementara masih di ATM Bank Bukopin saja. Karena teman-teman juga masih sibuk di gerbang pembayaran nasional, Januari baru jalan,” imbuh Adhi. Investasi Rp 300 Miliar Khusus untuk mengembangkan aplikasi Wokee, sejak 2015 bank berkode emiten BBKP ini telah menggelontorkan investasi sebesar Rp 300 miliar. Telah disiapkan Rp150 miliar lagi untuk menyempurnakannya.

Adhi menjelaskan, Bukopin telah dan sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi BUMN dan mitra lain agar layanan ini bisa lebih efisien. Pengembangan juga terus dilakukan agar layanan yang ditawarkan bisa menyeluruh. ”Saat ini fiturnya liabilitas. Nanti coba kami kembangkan untuk kredit,” janjinya.

 

Mau Coba?

Ingin merasakan berbagai kemudahan Wokee, unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store sekarang! Selanjutnya ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke Aplikasi Wokee dan tap Register Now.

2. Input identitas diri seperti nama, email, dan nomor handphoe, kemudian tap Next. Kalau sudah punya rekening Tabungan Bukopin input nomor handphone yang didaftarkan sebelumnya. Kalau belum, input nomor handphone yang ingin didaftarkan.

3. Tunggu info kode OTP (one time password) melalui SMS Notifikasi.

4. Masukkan kode OTP dan tap verify. Kalau belum terima kode OTP lakukan tap Resend OTP.

5. Lanjutkan dengan tap Done dan registrasi berhasil.

6. Status Anda sudah sukses bikin user Aplikasi Wokee.

7. Cek email untuk mengetahui info Default Password dan PIN untuk melakukan verifikasi user.

Bukopin

Artikel Terkait

Comments