Pahami Dulu Proses Bleaching Sebelum Warnai Rambut

Tren mewarnai rambut kini sedang diminati. Untuk mencapai hasil warna yang maksimal, Anda harus melalui tahap bleaching atau pemudaran warna rambut terlebih dahulu. Perlu pemahaman mendalam tentang tahap ini untuk meminimalisir kerusakan rambut.

Bahan Utama Bleaching
Bleach powder mengandung hydrogen peroxide, formula yang mendorong proses oksidasi agar pigmen warna asli rambut Anda memudar dan jadi lebih terang sehingga dapat menunjang tingkat pewarnaan rambut selanjutnya.

Kandungan Peroksida yang Tepat
Tidak dilakukan sembarang, Anda harus memastikan peroxide dalam jumlah yang tepat dan disesuaikan dengan tingkat warna rambut serta sensitivitas kulit kepala Anda saat ini.

Semakin tinggi kandungan peroxide, semakin tinggi pula tingkat cerah hasil warna rambut Anda. Namun, kemungkinan mengalami iritasi pada kulit kepala dan kerusakan rambut juga akan meningkat. Apabila Anda sedang mengalami masalah rambut seperti rontok, bercabang, atau berketombe, sebaiknya proses bleaching ditunda dahulu hingga masalah rambut teratasi agar tidak semakin parah.

Tahapan Bleaching Rambut di Rumah

  • Cuci Rambut
    Cucilah rambut hanya dengan shampoo, tanpa kondisioner. Biarkan setengah kering. Sisir dengan rapi dan pastikan tidak ada rambut kusut.
  • Siapkan Produk
    Bahan utamanya adalah bubuk bleach dan peroxide yang bisa Anda dapatkan di toko perlengkapan salon. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1 : 1 atau misal, 1 sendok makan bubuk bleach dicampur dengan 1 sendok makan peroxide. Ingat, bijaklah memilih jumlah konsentrat peroksida.
  • Bagi Rambut
    Rambut Anda harus dibagi menjadi tiga bagian untuk memudahkan proses. Bagilah menjadi sisi kanan, kiri, dan tengah atau belakang. Sementara satu bagian sedang di-bleach, kedua bagian lainnya bisa Anda jepit atau ikat agar tidak mengganggu.
  • Proses Bleaching

Oleskan krim bleaching mulai dari bagian tengah atau belakang terlebih dahulu. Anda dapat mengoleskannya 2 – 3 sentimeter dari pangkal rambut atau jangan sampai terkena kulit kepala, kemudian lanjutkan mengoleskan hingga ke ujung rambut. Setelah itu, bungkuslah rambut yang sudah di-bleach dengan aluminium foil hingga rapat untuk meratakan warna bleach. Lakukan hal yang sama pada dua bagian rambut yang sudah dibagi tadi secara merata.

Periksa perubahan warna rambut setiap 15 menit sekali. Mungkin akan diperlukan beberapa tahap bleaching untuk warna yang sangat terang.

  • Menetralkan Warna
    Rambut yang sudah di-bleach biasanya akan cenderung berwarna oranye. Campurkan satu mangkuk kondisioner dan 2 sendok makan cat rambut berwarna biru untuk menetralkannya jadi putih atau ash. Aplikasikan pada rambut yang sudah di-bleach sembari dipijat lembut dan diamkan maksimal 2 menit. Kalau Anda melakukan bleaching sebanyak tiga kali, tahap penetralannya pun tiga kali.
  • Cuci Rambut

Segera cuci rambut dengan sampo dan kondisioner setelah mencapai warna yang diinginkan. Keringkan rambut secara alami dan hindari penggunaan hair dryer agar tidak kering. Dapat dilanjutkan dengan proses pewarnaan rambut sesuai keinginan, misalnya highlight atau ombre.

After-treatment
Rambut yang sudah mengalami proses bleaching membutuhkan nutrisi ekstra, lakukanlah hair spa setiap 1 – 2 minggu sekali. Gunakan sampo dan kondisioner khusus rambut berwarna untuk menjaga warnanya tetap tahan lama.

Tags: