Cara Atasi Komedo yang Membandel

Pengertian komedo sendiri adalah bintik-bintik yang muncul pada kulit akibat folikel rambut yang tersumbat. Bintik-bintik tersebut disebut blackheads karena permukaannya berwarna hitam.

Meski termasuk jenis jerawat ringan yang terjadi pada wajah, ternyata juga dapat muncul pada punggung, dada, leher, lengan dan pundak.  American Academy of Dermatology (AAD) mencatat, masalah komedo terjadi pada 40 sampai 50 juta warga Amerika dan merupakan kelainan kulit paling umum di Amerika Serikat.

Jenis Komedo

  • Komedo hitam atau komedo terbuka (blackhead, open comedo).  Komedo ini tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Terjadi ketika pori-pori membesar dan terbuka ke permukaan kulit dan ke kelenjar minyak, lalu teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam/coklat. Komedo jenis ini adalah komedo yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang.
  • Komedo putih atau komedo tertutup(white comedo, close comedo).  Terlihat seperti bintik-bintik kecil yang berwarna putih atau kuning. Komedo jenis ini terjadi ketika minyak dan bakteri terperangkap di bawah permukaan kulit lalu mengeras.

Penyebab Komedo
Beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya jerawat dan komedi, seperti:

  • Penumpukan sel-sel kulit mati dan produksi minyak berlebih
    Minyak di permukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit, sehingga terjadilah penyumbatan. Make up dan produk penataan rambut yang mengandung minyak dapat memperparah keadaan. Berkeringat karena udara yang panas dan lembap juga dapat menyumbat pori-pori.
  • Adanya pengaruh genetik 
    Dalam artian memiliki; kelenjar minyak yang terlalu aktif, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak bisa berganti secepat kulit normal, atau memiliki respons yg berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit.
  • Polusi dan kelembaban udara
    Terutama udara yang panas hingga dapat mempengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak kulit menjadi lebih aktif.
  • Perubahan hormon yang meningkatkan produksi minyak pada masa pubertas, menstruasi, atau konsumsi pil KB
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti corticosteroid, lithium, atau androgen
  • Stress psikis dan gaya hidup tidak sehat yang dapat merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi lebih.

Beberapa orang percaya apa yang dikonsumsi dapat mempengaruhi jerawat. Produk yang mengandung susu dan karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat memicu jerawat, namun peneliti belum memastikan adanya kaitan terhadap hal ini.

Cara mengatasi komedo
Secara garis besar, pengobatan komedo dibagi menjadi tiga macam, yakni pemakaian obat luar, obat dalam, dan pembedahan.

Obat luar yang dipakai bertujuan untuk mencegah pembentukan komedo, menekan peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka. Banyak pilihan obat luar yang dapat dipakai, yakni bahan pengelupas kulit, antibiotika topikal, dan anti radang topikal. Pemilihan obat tergantung pada sebab dan faktor pemicu timbulnya komedo.

Obat dalam ditujukan untuk menekan aktivitas peradangan, menekan produksi minyak, dan mempengaruhi keseimbangan hormonal. Untuk itu, dapat dipakai antibiotik yang diminum, obat hormonal, obat anti radang, dan vitamin A.

Sementara tindakan bedah lebih ditujukan untuk memperbaiki jaringan parut yang timbul akibat jerawat dan komedo. Jlur bedah pun bisa dilakukan pada komedo tertutup sehingga mempermudah pengeluaran minyak. 

Tags: