Lakukan 3 Cara Ini Untuk Mencegah Komedo

Komedo merupakan masalah kulit wajah yang dialami sebagian wanita karena mengakibatkan penampilan jadi kurang maksimal. Komedo juga dapat memicu terjadinya jerawat yang lebih besar. 

Memang sudah banyak produk kecantikan yang dapat membantu mengatasi komedo namun tidak ada salahnya melakukan tidakan pencegahan sebelum problem kulit ini semakin parah.

Bagaimana cara mencegah munculnya komedo?

  • Cuci muka dengan teratur
    Perlu diingat, mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari dapat mengiritasi kulit dan memperburuk keadaan jerawat. Gunakan pembersih wajah yang lembut, beberapa memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri P.acnes. Keramas setiap hari, terutama jika rambut berminyak karena minyak dari rambut dapat menyumbat pori-pori. Penting juga untuk membersihkan wajah setelah makan makanan berminyak,  karena minyak dari makanan juga dapat menutup pori-pori.
  • Gunakan produk bebas minyak
    Produk yang mengandung minyak dapat berkontribusi terhadap komedo. Pilihlah riasan wajah, losion, dan tabir surya yang tidak mengandung minyak untuk mencegah memburuknya kondisi jerawat.
  • Gunakan produk exfoliate
    Exfoliating scrub dan masker dapat mengangkat sel kulit mati dari wajah sehingga mengurangi komedo. Bila kulit wajah tidak ‘dikikis’ secara berkala, sel-sel kulit mati akan menumpuk di kulit. Itulah yang menyebabkan komedo. Karena itu, dianjurkan untuk melakukan pengikisan kulit secara berkala. Pengikisan dapat dilakukan dengan scrub, atau sabun wajah yang mengandung asam salisilat.

 

Tags: