Kenali Squalene Oil, Minyak Bermanfaat Untuk Kecantikan

Anda yang sering menggunakan pelembap pasti tak asing dengan squalene oil.  Minyak ini banyak manfaatnya berkat kandungan emollient yang dapat melembapkan kulit.  Namun banyak pendapat mengatakan minyak ini teksturnya amat licin dan lengket. Benarkah demikian?

Sebelum mengenal squalane, mari ketahui lebih dulu perbedaannya dengan squalene oil yang sering kita temui. Squalene adalah kandungan yang banyak ditemukan pada minyak hati ikan, tanaman dan tubuh manusia. Alternatif lainnya juga dapat diekstraksi dari minyak zaitun, tebu, minyak biji gandum, atau minyak biji padi. Squalene pada tubuh manusia akan terus terkikis seiring bertambahnya usia (umumnya hanya bertahan hingga umur 20-an). Sedangkan dalam bentuk minyak tak jenuh, squalene tidak stabil dan cepat tengik.

Squalane merupakan bentuk jenuh dari squalene yang didapatkan melalui proses hidrogenasi.  Setelah proses hidrogenasi, tingkat kejenuhan squalane mencapai 100% dan menjadikan minyak ini memilki molekul yang lebih stabil jika dibandingkan dengan minyak kelapa yang umumnya hanya berada pada tingkat 80-90%. Proses inilah yang membuat squalane oil menjadi minyak yang aman untuk digunakan sehari-hari serta  lebih awet dalam penyimpanannya. Squalane memiliki kandungan emollient yang dapat melapisi kulit dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menjaga kelembapan alaminya. Tanpa meninggalkan residu dan rasa lengket, minyak ini mampu menyerap dan membantu penetrasi dari produk perawatan kulit lainnya yang Anda gunakan.

Cara Menggunakan Squalane Oil
Dari segudang manfaat yang diperoleh, tak heran kandungan ini kemudian menyandang predikat sebagai ‘the best oil for your skin’. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu memahami bagaimana cara pemakaian yang tepat.

  • Untuk perawatan wajah: Aplikasikan 2-3 tetes minyak ke tangan lalu oles pada wajah dan leher sambil sedikit dipijat untuk membantu penyerapan. Anda juga dapat mencampurkan minyak ini bersama krim mata atau pelembap untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Untuk perawatan rambut: Anda dapat langsung mengusapkan minyak pada bagian ujung rambut untuk membuatnya berkilau dan sedikit mengempis. Campurkan dengan hair mask favorit Anda untuk hasil yang lebih berkilau!
  • Untuk perawatan tubuh: Teteskan minyak pada tangan, lalu aplikasikan pada area tubuh yang membutuhkan kelembapan. Minyak ini juga dapat Anda gunakan sebagai produk after sun care dengan cara penggunaan yang sama. 
Tags: