Makanan Sehat Untuk Si Hipertensi

Makanan Sehat Untuk Si Hipertensi

Pernahkah Anda mendengar DASH? DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah sebuah aturan makan yang diperuntukan untuk mengontrol tekanan darah untuk mencegah dan membantu pengobatan hipertensi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang  kaya akan kalium, magnesium, kalsium dan mengurangi asupan natrium. 
Yang menjadi konsep utama dari diet DASH adalah memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur serta mengurangi makanan dengan lemak jenuh tinggi dan konsumsi garam. Diet ini umumnya akan mampu menurunkan tekanan darah dalam waktu kurang lebih dua minggu. Menariknya, selain mampu menurunkan tekanan darah, diet ini juga cukup efektif mengecilkan lingkar pinggang.

MAKANAN YANG DIANJURKAN 
•    Sayur-sayuran 
Sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap hipertensi antara lain seledri, bayam, buncis, tomat, wortel dan brokoli dengan takaran 4-5 porsi dalam sehari.
•    Buah-buahan 
Apel, bit, tomat, pisang, anggur, melon, mangga, jeruk, jeruk keprok, stroberi, dan nanas. mengkudu, pisang dan kiwi merupakan buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi dengan takaran 4-5 porsi per hari. Pilih buah dengan warna yang bervariasi untuk mendapatkan nutrisi yang beragam dan seimbang.
•    Susu 
Susu skim rendah lemah, keju dan susu fermantasi sebanyak 2-3 kali per hari juga baik untuk membantu menurunkan tekanan darah.
•    Kacang-kacangan 
Untuk mendapatkan tambahan asupan protein, Anda bisa mendapatkannya melalui konsumsi kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang polong dan kacang hijau dengan takaran 4-5 porsi per minggu. 
•    Ikan 
Konsumsi ikan salmon direkomendasikan untuk menunjang kebutuhan vitamin dan mineral dengan porsi sekitar 85 gram. 

YANG HARUS DIHINDARI 
Selain mengonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan, Anda juga harus menghindari konsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini: 
•    Makanan tinggi akan kadar natrium dan garam (termasuk makanan cepat saji, saus tomat, saus sambal dan makanan kaleng)
•    Penggunaan gula terlalu banyak
•    Minuman keras dan minuman yang mengandung kafein (teh, cokelat dan kopi)


 

diet, bugar, DASH, hidup sehat, hipertensi, healthy food

Artikel Terkait

Comments