Style Icon

Viena Mutia: Persaingan Adalah Motivasi

Perkembangan mode tanah air sedang berkembang pesat. Desainer muda pun banyak bermunculan, dalam misi mendongkrak sektor ekonomi Indonesia. Salah satu yang mencoba peruntungan adalah Erviena Lanni Mutia. Menobatkan penyanyi Krisdayanti sebagai brand ambassador, ia meluncurkan label mode VM .

Arti nama VM?
Saat rapat penentuan nama, mimi KD yang mencetuskan pertama kali. Nama VM berarti Very Me, dan juga singkatan dari nama saya yaitu Viena Mutia. Saya ingin semua orang senang memakai busana saya dan merasa lebih percaya diri, Very Me!

Cerita dibalik koleksi perdana?
Koleksi launching kemarin sebenarnya sangat spontan! Pembuatannya hanya 2 bulan,hahaha.Untuk launching saya pakai konsep romantic, tapi kedepannya tidak akan selalu begitu terus. Dasar pemikiran ide saya sebenarnya dari pengamatan terhadap cuaca, hahaha. Bulan November dan Desember sepertinya identik dengan nuansa yang mellow, romantic, jadi saya menyesuaikan.

Sepak terjang Viena di industri mode?
Sebenarnya, dahulu saya pernah mendirikan label mode bersama teman dan berjalan hingga 2 tahun. Tapi jujur, belum se-serius sekarang, hahaha. Suami saya tahu passion saya terhadap dunia fashion dan kemudian mendukung serta mendorong saya untuk mendirikan label mode saya sendiri. Hingga kini saya pun merasa masih harus banyak belajar.

Awal mula ketertarikan pada mode?
Awalnya memang saya senang memperhatikan perkembangan fesyen dari sosial media, dan saya sendiri suka padupadan pakaian. Saya juga kerap menghadiri pagelaran busana. Kegiatan ini kemudian semakin menumbuhkan minat saya. Saya sempat bertanya pada para kerabat, apakah menjadi desainer harus menempuh pendidikan formal? Ternyata tidak juga, ada yang otodidak. Mendengar hal itu, saya pun memberanikan diri terjun ke industri mode.

Viena adalah perancang otodidak, seperti apa kendalanya?
Mungkin kalau sekolah lebih mudah karena mendapatkan teori-teorinya di sekolah. Kalau otodidak seperti saya, harus learning by doing. Sejauh ini kesulitannya masih bisa teratasi. Saya terus berkomunikasi dengan tim saya, tidak malu bertanya. Saya terjun langsung saat produksi, saya sangat menikmati proses pembelajaran ini.

Apakah ada periode tertentu untuk meluncurkan koleksi baru?
Rencananya kedepan akan regular meluncurkan karya ready to wear baru, setidaknya dua bulan sekali. Disamping itu saya juga membuka custom.

Sumber inspirasi….

Banyak sekali! Baik dari sekitar kita, dan tidak saya pungkiri juga bisa berasal dari desainer lain. Salah satu desainer yang saya kagumi adalah Zuhair Murad. Gaya pakaian dari desainer asal Lebanon ini, saya banget! Desain gaun couture-nya penuh intrik tapi terlihat tidak berlebihan, sangat elegan dan sederhana.

Alasan memilih Krisdayanti sebagai brand ambassador?
Bertemu karena ada di lingkaran pertemanan yang sama. Saya sering perhatikan gaya berpakaian mimi KD. Meskipun di acara yang santai, ia selalu memerhatikan detail, tidak sembarangan memilih pakaian. Ia tetap terlihat elegan dan berkelas di segala kesempatan. Saya pikir, wah mimi cocok nih jadi brand ambassador label saya.

Krisdayanti di mata Viena….
Mimi suka kasih saya masukan, nyaman banget jadi teman sharing dan ngobrol. Mimi orangnya gak ribet, dipakaikan baju apa saja dia mau, hahaha. Mungkin karena mimi juga tahu karakter rancangan saya seperti apa. Paling hanya sedikit koreksi yang kemudian jadi masukan untuk saya, dan yang penting karakter mimi tidak hilang.

Siap menghadapi persaingan dengan desainer lain?
Harus siap! Hahaha. Tapi saya tidak merasa ini sebuah persaingan, melainkan motivasi untuk saya. Mau ada pembahasan yang baik dan jelek sekalipun, semua masukan untuk saya. Saya selalu berpesan pada diri sendiri untuk terus berproses, berkembang dan menjadi lebih baik. Saya tidak ingin jadi orang yang cepat puas diri.

Tips berpakaian ala Viena?
Sesuaikan dengan karakter, jadi orang melihatnya pun tidak terkesan ‘maksa’. Inti dari berpakaian adalah nyaman terlebih dahulu. Kalau sudah nyaman, kepercayaan dirinya akan meningkat dan memancar dengan sendirinya. Jadi terlihat cocok dan oke.