Style Icon

Barry Ritonga: Riasan Tidak Harus Merubah Seseorang

etiap wanita pasti ingin tampil lebih cantik. Namun, pengetahuan yang kurang akan pengaplikasian produk-produk kosmetik dapat beresiko memberi efek sebaliknya. Adalah salah satu Make Up Artist yang terkenal di kalangan artis, Barry Ritonga. Selain berwajah rupawan, ternyata ia sangat ramah dan tidak pelit ilmu, loh! Yuk kenali lebih dekat sosok mantan aktor dan pramugara ini.

Awal mula sebagai aktor dan pramugara sekarang jadi Make Up Artist?
Sebenarnya dulu terima job sebagai aktor hanya untuk membiayai kuliah saya. Setelah lulus, saya bekerja sebagai pramugara, jadi suka perhatikan pramugari berdandan. Lalu, saya iseng ikut benerin riasan mereka. Tiba-tiba ada perasaan, kok saya senang ya melakukan hal ini. Kalau sedang mendarat, saya pun rajin mengunjungi toko-toko kosmetik. Setelah melakukan riset, saya menawarkan diri ke teman-teman pramugari untuk mendandani mereka.  Setiap kedapatan jadwal terbang, yang saya nantikan justru saat mendandani teman-teman pramugari saya tersebut. Rasanya saya tidak ingin terbang, saya hanya ingin merias saja, hahaha. Tahun kedua jadi pramugara, saya ambil langkah berani untuk resign dan fokus jadi make up artist hingga hari ini.

Mimpi Barry sebagai Make Up Artist?
Ada banyak sih.. Saya ingin punya satu brand make up, dimana kosmetik saya dapat membuktikan bahwa riasan tidak harus merubah total penampilan seseorang. Saya juga ingin punya beauty class di daerah-daerah di Indonesia, jadi sang istri bisa merias dirinya untuk tampil lebih cantik di depan suaminya. Saya juga ingin buat make up charity. Misalnya di suatu daerah ada pernikahan, saya ingin memberikan kontribusi dengan memberikan riasan pengantin gratis untuk orang yang tidak mampu.

Kendala sebagai Make Up Artist otodidak?
Harus beli produk make up yang banyak, kalau tidak cocok jadi terbuang! Karena kalau tanya-tanya ke sesama make up artists, mereka pasti tidak bisa kasih tahu secara rinci. Ya balik lagi ke selera masing-masing kan. Saya harus cari tahu sendiri yang mana yang cocok dengan karakter riasan saya. Harus rajin riset dan percobaan, ya.

Ciri khas riasan Barry?
Riasan saya tidak matte, tapi glowing dan feminin. Kesan feminin terlihat di mata dan pipi. Contohnya, pemakaian blush on di pipi agak berlebih, hahaha. Saya kurang suka heavy eye make up yang smokey. Saya lebih banyak bermain di warm tones, misalnuya warna tembaga dan ada sentuhan glitter. Sama eyebrow make up. Saya lebih suka riasan yang glowingagar lebih terlihat dimensi wajahnya. Menurut saya make up matte itu terlihat kaku, kurang hidup.

Skincare atau makeup?
Skincare dong. Istilahnya kalau tembok mau di cat, tapi permukaan temboknya kasar tetap akan terasa dan terlihat. Make up itu hanya bisa menutupi warna, tapi tekstur tidak. Mau berapa layer foundation pun tetap masih terlihat bump-nya.

Perawatan wajah yang efektif ala Barry?
Cuci muka dua kali sehari, minum air putih dan makan buah yang banyak. Saya juga menyarankan untuk lakukan steam wajah dan pijat perlahan, agar pori-pori wajah terbuka dan merontokkan sebum serta sel-sel kulit mati yang menumpuk di lapisan kulit wajah. Terakhir, cuci muka dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

Tren riasan tahun depan?
Monochromatic make up. Monokrom yang dimaksud disini adalah warna riasan mata, pipi, dan bibir semua senada.  

Kalau tren wedding make up?
Tren wedding make up versi saya, tidak terlalu banyak bermain warna. Kalau di mata sudah bernuansa bronze tone, yang lain saya turunkan agar tidak terlalu menor. Lipstik merah tidak akan pernah mati. Kalau untuk tahun depan, warna merah yang sedang tren itu red plum dan maroon. Untuk make up yang manglingi, alias fully make over sekarang sudah bergeser. Banyak pelanggan saya juga yang request untuk didandani sekenanya saja, jangan sampai benar-benar merubah tampilan wajah. Tapi sepertinya di daerah-daerah masih banyak yang minat juga sih.

Perlukah penggunaan setting spray dalam riasan?
Perlu! Saya terapkan setting spray sebanyak 3 kali dalam proses merias. Pada saat prep make up guna menghidrasi kulit agar lebih siap menerima produk-produk kosmetik. Kedua, setelah aplikasikan bedak tabur agar tampilannya lebih natural dan tidak cakey, dan finishing setelah semua riasan selesai agar lebih tahan lama.

Must have beauty products untuk setiap wanita?
Eyebrow make up products, lipstick dan eyeliner. Ketiganya saja sudah buat tampilan cetar. Lipstik kan multifungsi, bisa dipakai untuk blush on juga.

Trik menyamarkan tanda penuaan di wajah, seperti kantung mata?
Justru, hindari pemakaian concealer atau highlighter yang berlebihan. Alih-alih tersamarkan malah jadi semakin terlihat. Lebih baik usahakan untuk menonjolkan sisi riasan yang lain. Kalau terlalu banyak layer di bagian kerut tersebut, justru akan berpotensi cracky nantinya.

Definisi make up flawless?
Make up flawless kalau kata orang-orang adalah make up yang tipis, yang seperti make up no make up. Padahal itu salah. Flawless disini diartikan sebagai riasan yang tidak ada celanya sama sekali, dan maksudnya adalah benar-benar sempurna. Kekurangan di wajah itu bisa tertutupi, menurut saya, itu adalah make up yang flawless.