Panel Surya Solusi Cemerlang Eco-Building

Panel Surya Solusi Cemerlang Eco-Building

Global Warming terasa semakin menghantui hampir seluruh daerah di dunia. Untuk menghentikannya, berbagai inovasi terus dicanangkan dan dikembangkan, salah satunya penggunaan panel surya pada hunian.

Teknologi bangunan yang memanfaatkan kehadiran panel surya sebagai penyuplai listrik sebenarnya bukanlah sebuah temuan mutakhir. Namun, di Indonesia sendiri penggunaan panel surya masih sangat terbatas. Selain karena belum disosialisasikan dengan baik, biaya instalasi panel surya yang masih relatif tinggi kerap menjadi kendala.

Instalasi panel surya pada hunian berpotensi menyuplai listrik secara mandiri, sehingga dapat mengurangi biaya pemakaian listrik rumah tangga sampai dengan 1.300 watt – 2.000 watt. Namun, biaya yang harus digelontorkan juga tak sedikit yakni sekitar 100 – 500 juta tergantung pada kualitas, jenis dan besaran panel surya.

“Panel surya dapat merubah panas matahari menjadi energi yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya, seperti penerangan. Di Indonesia baru sebatas merubah menjadi pemanas air, kelebihan panel surya dapat mengambil sumber energi yang sangat tidak terbatas, yaitu panas matahari, bentuk dan besaran panel surya juga relatif kecil,” ungkap Jerry M.Febrino, seorang arsitek yang tergabung dalam IM Design Associates.


INSTALASI PANEL SURYA

Untuk memutuskan apakah akan memasang panel surya pada hunian atau tidak, beberapa kelebihan dan kekurangan ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi Anda:

KELEBIHAN

  1. Sifatnya ramah lingkungan karena tidak memiliki emisi dan tidak menyebabkan efek rumah kaca.
  2. Merupakan investasi jangka panjang, karena umumnya memiliki garansi selama 25 tahun.
  3. Mengurangi ketergantungan karena dapat memproduksi listrik secara mandiri. Bahkan bila tenaga listrik yang dihasilkan cukup besar, Anda dapat turut serta menyumbangkannya kepada pemerintah dalam upaya pemenuhan kebutuhan listrik di berbagai daerah.
  4. Biaya perawatan yang relatif murah

KEKURANGAN

  1. Mahalnya biaya instalasi awal, sehingga Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
  2. Bila tidak terpasang dengan baik, maka panel surya panel surya berpotensi mengalami over heating.
  3. Bergantung pada cuaca, sehingga tidak konsisten dalam menghasilkan listrik
  4. Membutuhkan area pemasangan yang cukup luas, sehingga hunian berukuran kecil rasanya kurang memungkinkan untuk menggunakannya.

----
Teks: Hafni Kusumawarhani
Foto: Istimewa