Lukisan Georgia O’Keeffe Menginspirasi SOE Jakarta untuk London Fashion Scout 2018

Lukisan Georgia O’Keeffe Menginspirasi SOE Jakarta untuk London Fashion Scout 2018

Industri mode nusantara kembali berbangga. Seorang desainer muda berbakat, Monique Soeriaatmadja, akan unjuk gigi koleksinya di London Fashion Scout pada tanggal 16-20 Februari 2018. Dibawah label SOE Jakarta, ia akan menjadi perancang pertama yang menggelar fashion show tunggal di ajang London Fashion Week 2018 tersebut.

SOE Jakarta lahir dari kecintaan Monique terhadap tekstil tenun dan gaya klasik yang tidak terbatas oleh waktu. Dalam debutnya show tunggalnya di London ini, ia terinspirasi dari gaya khas Georgia O’ Keeffe yaitu seorang pelukis avant-garde asal Amerika yang terkemuka pada abad ke-20.

Georgia dikenal hebat dengan interprestasinya atas bunga-bunga yang besar, gedung pencakar langit di New York, dan pemandangan khas New Mexico. Ketiga hal tersebut kemudian menjadi pusat perhatian pada pameran seni yang diselenggarakannya di Tate Modern tahun 2016. Setelah melihat kehidupan dari sosok Georgia pada pameran tersebut, Monique semakin tertarik dengan kehidupannya terutama tata busana sang pelukis yang maskulin dan androgini.

Berbeda dengan lukisannya yang penuh warna, gaya berpakaian Gerogia cenderung didominasi warna hitam dan putih. Pada awal karirnya sebagai pelukis, ia bahkan hanya menggunakan warna hitam dari arang dalam setiap karyanya. SOE Jakarta pun mulai bermain dengan warna-warna maskulin seperti hitam dan abu-abu gelap, dipadukan dengan kain tenun dan poplin sehingga menghasilkan gaya klasik yang timeless.


Beberapa busana yang akan ditampilkan SOE Jakarta di London Fashion Scout, London Fashion Week 2018.

Pada karya selanjutnya, Georgia mulai bermain dengan warna biru. Menginterpretasikannya, SOE Jakarta mengaplikasikannya pada kain tenun denim dengan pewarna alam (indigo) dan diproses menggunakan ATBM (alat tenun bukan mesin) di Pekalongan. Selain biru indigo dan hitam, terdapat pula warna coklat, khaki dan krem. Untuk pertama kalinya, label ini juga menggunakan metode batik printing dimana cetakan motif yang digunakan diambil dari lukisan Georgia bernama ‘Blue Nude’.

Tidak hanya itu, musim ini SOE Jakarta juga bereksploraso dengan warna natural lain yang berasal dari Kayu Tingi untuk menghasilkan warna kecoklatan, terinspirasi dari warna rumah Georgia di New Mexico.*

Fashion, Fashion Show, Catwalk, Runway, Internasional, London, SOE Jakarta, 2018

Artikel Terkait

Comments