Rambut Rontok? Ini Kata Hair Expert Tentang Cara Mengatasinya!

Rambut Rontok? Ini Kata Hair Expert Tentang Cara Mengatasinya!

Sebagai wanita, rambut adalah mahkota. Maka dari itu tak heran, rambut kini mendapatkan perhatian dan perawatan khusus. Hal ini dikarenakan, jika kondisi rambut sedang tidak prima dapat mempengaruhi banyak faktor. Tidak hanya penampilan, bahkan mood seseorang.

Masalah rambut pun kian beragam. Mulai dari ketombe hingga kusam. Salah satu masalah yang paling banyak diderita wanita Indonesia adalah kerontokan.

Bukan hanya penampilan, rambut rontok juga menimbulkan dampal psikologis seperti ketidaknyamanan, merasa kurang cantik, atau selalu khawatir tentang pandangan orang-orang sekitar. Rambut rontok juga membatasi wanita untuk menata rambut dengan bebas. Ternyata, dilema ini juga dihadapi oleh para hijabers.

"Selain daripada faktor genetik, banyak faktor lain yang memengaruhi kerontokan rambut. Misalnya, kebiasaan mengikat rambut atau mencepol rambut terlalu kencang dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada folikel rambut. Tidak hanya kerontokan, dapat juga terjadi penipisan di daerah pelipis dan lebih parahnya kebotakan," jelas dr. Gloria Novelita, SpKK, selaku Hair Expert.

Disamping itu, dr. Gloria menambahkan, kekurangan asupan nutrisi dan jarang melakukan aktivitas fisik serta stress juga ikut berpengaruh. Sirkulasi darah jadi terhambat, kulit kepala dan rambut pun kesulitan mendapat nutrisi yang maksimal mengakibatkan pertumbuhannya terganggu.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dr. Gloria pun memaparkan sedikit tips untuk mengurangi masalah kerontokan rambut.

Terapkan gaya hidup sehat. Rajinlah berolahraga dan konsumsi makanan bernutrisi khususnya yang mengandung protein. Anda bisa mendapatkannya dari daging dan sayuran, kedelai, serta kacang-kacangan seperti walnut dan hazelnut. Mineral seperti zinc juga sangat dibutuhkan.

Kedua, perhatikan styling rambut Anda. Hindari pemakaian hot tools yang berlebihan, keringkan rambut secara alami dan jangan menggesek rambut dengan handuk. Untuk Anda yang berhijab, pastikan untuk menggonta-ganti styling rambut Anda sebelum memakai ciput dan pilihlah bahan yang hair-friendly dan breathable misalnya silk. Hal ini dikarenakan, pemakaian ciput atau inner yang terlalu ketat dalam jangka panjang dapat menyebabkan rambut rontok dan lepek. Pastikan Anda merasa nyaman.

Terakhir, gunakan sampo dan kondisioner dengan kandungan yang tepat sesuai dengan permasalahan rambut. Salah satunya adalah Dove Total Hair Fall Treatment. Mengandung Fibre Actives dan Trichazole yang menutrisi rambut secara endalam dari akar hingga ujung, membuatnya 10x lebih kuat terhadap kerontokan. 

Untuk mengajak wanita Indonesia menjadi lebih all out dalam meraih potensi terbaik mereka dan melawan masalah rambut rontok, Dove pun menyelenggarakan program 'Dove Hairlympic Studio'. 

(Ki/Ka): dr. Gloria Novelita SpKK, Asima Haq, Laila Munaf, Nabila Hatifa

Program ini akan diawali dengan roadshow di 10 kota besar di Indonesia sepanjang bulan Februari hingga April 2018. Kota tersebut adalah Jakarta, Medan, Palembang, Bandung. Yogya, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, dan Makassar. Diselenggarakan di sejumlah kampus dan mall ternama, akan terdapat beragam aktivitas dimana semua wanita yang hadir akan mendapatkan pengalaman menarik dan edukasi seputar rambut dengan pesan #StrongHairStrongHer. Untuk lebih detail, Anda dapat mengunjungi tautan http://www.dove.com/id/stories/campaigns/hairlympic/hairlympic-challenge.html.