Dwiki Dharmawan : Dukung Musik Sebagai Kemajuan Peradaban

Dwiki Dharmawan : Dukung Musik Sebagai Kemajuan Peradaban

Musisi jazz senior, Dwiki Dharmawan tak pernah berhenti  berkontribusi untuk  perkembangan music di tanah air. Selain aktif  menggelar konser, suami lady rocker Ita Purnamasari itu juga kerap didapuk sebagai juri dalam berbagai ajang  pencarian bakat. Yang paling gres di tahun 2018 ini, ketua Yayasan Anugerah Musik Indonesia (AMI ) ini hadir di acara Grand Final MeikarDuck Star Hunt yang digelar di Lippo Mal Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Bersama juri lain, yaitu Julie Estelle, Nadine Chandrawinata dan Maylaffayza, dia  tampak serius mengamati satu persatu aksi peserta yang menyanyikan jingle ciptaan mereka sendiri diatas panggung.  Menurut Dwiki  sebuah karya musik harus dihargai dalam pengerjaannya. Sebab proses mencipta bukan hal perkara mudah.

“Menciptakan karya itu memang berat yah. Jadi, kita harus bisa menikmati dan menghargai proses yang kita lakukan sebagai musikus dan pencipta karya.  Menghargai sebuah karya cipta itu adalah kata lain dari sebuah penghormatan terhadap hasil karya itu sendiri. Jadi, saya senang kalau ada ajang semacam ini,” ungkapnya.

Dikatakan pria 51 tahun ini,  perkembangan musik di Indonesia saat ini tengah meningkat dengan pesat. Peningkatan jumlah karya di tengah kelesuan industri ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri. Pasalnya, musik disebutnya sebagai salah satu wadah pemersatu perbedaan yang ada saat ini.

"Ini akan menjadi kebanggaan dan tolak ukur industri musik Indonesia yang memberikan devisa negara seperti pada bidang lain. Musik  pembawa persatuan bangsa, kalau industri maju ini menjadi  kesolidan kita sebagai negara maju,” ucap Dwiki.

Disamping itu, Dwiki juga  mengapresiasi upaya  pihak swasta yang membangun  tempat-tempat pertunjukan music berskala international.

Salah satunya  Opera Theater dan Art Center  yang akan dibangun di area apartemen Meikarta di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Nantinya gedung opera ini bakal menjadi wadah  berbagai pertunjukan seni mulai dari teater, opera, konser musik, hingga balet. Kabarnya Opera Theater ini terinspirasi dari gedung opera terbaik di dunia. Antara lain, Palais Garnier di Perancis, La Scala di Italia, Bolshoi Theater di Rusia, Lincoln Center di Amerika Serikat, serta Sydney Opera House di Australia.

 “Kehadiran fasilitas performing art dapat mendukung kegiatan berkesenian bagi generasi muda. Sebagai musisi jelas saya  senang sekali. Karena tentu kurang sempurna apabila pembangunan suatu kota hanya bersifat fisik tanpa memberikan kesempatan untuk membangun sumber daya manusianya. Ini juga salah satu bentuk  majunya sebuah peradaban,” tutup Dwiki.

 

 

Foto: instagram @dharmawan_dwiki

 

 

 

Tags: