Yoghurt, Rahasia Bugar di Yunani

Yoghurt, Rahasia Bugar di Yunani

Selain rutin berolahraga, ternyata mengonsumsi yoghurt juga memberi dampak baik bagi kebugaran tubuh. Minuman yang kaya akan nutrisi ini bisa menjadi penyeimbang asupan makanan harian Anda. 


Yoghurt merupakan minuman berbahan dasar susu yang telah difermentasikan menggunakan bakteri khusus yang sifatnya baik untuk tubuh. Yoghurt asli memiliki rasa yang sangat asam namun kemudian diformulasikan dengan tambahan rasa buah dan pemanis, sehingga tetap nyaman dikonsumsi. 


Banyaknya produk yoghurt yang beredar dipasaran, satu sisi memberi kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan asupan pelengkap. Tetapi Anda harus mengetahui jenis yoghurt terbaik yang hendak dikonsumsi, yaitu greek yoghurt


Greek yoghurt merupakan yoghurt bertekstur lebih kental dibandingkan dengan yoghurt cair karena memiliki kadar air yang lebih rendah. Selain jenisnya, pastikan Anda mengosumsi yoghurt rendah gula sehingga tetap aman untuk dikonsumsi jangka panjang. 


“Manusia membutuhkan asupan sehari-hari yang bergizi seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga stamina dan berat badan ideal. Greek yoghurt punya kandungan karbohidrat dan gula yang lebih rendah serta memiliki kadar protein dua kali lebih tinggi dibandingkan yoghurt biasa,” jelas Dr. dr. Samuel Oentoro, MS, SpGK. 
Ia juga menjelaskan bahwa protein mengalami proses lebih  panjang untuk dicerna, sehingga yoghurt cocok untuk mengganjal lapar. Selain itu, yoghurt dapat dikonsumsi kapan saja baik sebagai menu sarapan, camilan saat lapar maupun setelah makan.


MANFAAT YOGHURT 
1.    MEMBANTU DIET 
Kandungan greek yoghurt yang tinggi akan protein, membuat seseorang yang mengonsumsinya merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, maka kemungkinan  untuk memakan camilan atau makanan lain menjadi lebih kecil. Selain itu, asam amino yang juga terkandung pada greek yoghurt membantu pembakaran lemak. 
2.    SUMBER KALSIUM 
Karena menggunakan bahan dasar susu, maka greek yoghurt memiliki kandungan kalsium yang tinggi seperti susu namun lebih rendah lemak. Itulah salah satu keunggulan greek yoghurt dibandingkan susu sapi. 
3.    BAIK UNTUK PENCERNAAN
Produk greek yoghurt hasil fermentasi mengandung Bakteri Asam Laktat (BAL) yang mendorong kinerja usus dan saluran pencernaan menjadi lebih optimal. Greek yoghurt dapat mengatasi konstipasi (susah buang air besar) serta lactose intolerance.
4.    PENGGANTI CAMILAN 
Masyarakat Yunani sejak lama menerapkan diet mediterania yang identik dengan penggunaan yoghurt dalam banyak sajian. Mereka menggunakan yoghurt sebagai pengganti mentega pada roti, sebagai saus untuk salad menggantikan mayones, untuk bahan campuran kue atau mengonsumsinya sebagai makanan pelengkap sekaligus pengganti camilan yang tidak sehat.