Rumah Terasa Sempit? Ciptakan Ruang Penyimpanan Ekstra

Rumah Terasa Sempit? Ciptakan Ruang Penyimpanan Ekstra


Keterbatasan ruang dalam hunian sering kali menjadi masalah. Mencipatakan ruang penyimpanan ekstra dengan menggadakan fungsi furnitur maupun menyulap celah dalam rumah, bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

Luas hunian terbatas ditambah ketidaktepatan pilihan desain yang diusung serta ketidakcermatan dalam menyimpan barang, akan menghasilkan rumah yang nampak sesak dan kurang sedap dipandang. Untuk itu, sangat penting bagi pemilik hunian mungil agar cerdik mensiasati permasalahan tersebut. 


Jumlah barang yang tidak sesuai dengan ketersediaan ruang bisa disiasati dengan membuat ruang penyimpanan ekstra. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga tampilan rumah tetap terlihat rapi serta nyaman dihuni. Bingung membuatnya, trik-trik ini akan membantu Anda membuat ruang penyimpanan ekstra. 

1.    BAWAH TANGGA 


Bagian bawah tangga merupakan salah satu area yang ideal untuk dialihfungsikan menjadi tempat penyimpanan barang. Anda bisa membuat rak, laci ataupun lemari kecil yang kompatibel dengan bentuk tangga Anda.  Tempat tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan multi fungsi untuk meletakkan barang-barang seperti sepatu, hiasan atau bahkan menjadi TV cabinet. 


2.    TEMPAT TIDUR 


Selain bisa digunakan untuk meletakan kasur tambahan, bagian bawah tempat tidur ternyata bisa menjadi tempat penyimpanan yang cukup efektif. Anda bisa membuat laci-laci kecil untuk dimanfaatkan sebagai tempat menaruh berbagai aksesoris yang tidak lagi muat di lemari pakaian. 


3.    ISLAND PADA DAPUR 


Meski banyak orang yang beranggapan bahwa meletakkan meja potong di tengah-tengah ruang dapur hanya akan menyita ruang. Pendapat itu nampaknya tidak sepenuhnya benar. Dengan meletakkan island pada dapur selain menghadirkan area preparation saat memasak, bagian bawahnya dapat dimaksimalkan sebagai tempat penyimpanan. Tempat ini bisa menjadi lokasi penyimpanan alternatif ketika kitchen cabinet telah penuh. 

4.    LEMARI BUILT IN 
Lemari built in bisa dibangun pada area sekitar barang-barang besar seperti kulkas, kompor, televisi serta barang lainnya. Bila Anda berhasil membuat lemari built in yang tersembunyi, maka lemari tersebut dapat menambah keunikan dalam ruangan. 


5.    STORAGE TABLE

 
Siapa bilang Anda tidak bisa membuat area penyimpanan di ruang tamu? Meja tamu Anda dapat digunakan sebagai storage area dengan menambahkan rongga di tengahnya dan membuat permukaan atasnya dapat digeser. Meja dengan model cukup berfungsi untuk menyimpan toples camilan, vas bunga, asbak atau refill pengharum ruangan. 

graha, rumah, inspirasi rumah, tips, tata ruang

Artikel Terkait

Comments