Babys Room

Cukupi Nutrisi Selama Menyusui dengan Superfood Berikut

Cukupi Nutrisi Selama Menyusui dengan Superfood Berikut

Dipercaya sebagai makanan pertama dan terbaik di masa-masa awal kehidupan si kecil, World Health Organization (WHO) menganjurkan para ibu di dunia untuk memberikan ASI esklusif selama enam bulan pertama.

Kandungan gizi ASI yang lengkap juga membuatnya disebut sebagai cara paling efektis untuk mengurangi dan mencegah kematian pada bayi. Seperti yang juga diungkapkan oleh Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG(K), Ketua Perkumpulan Perinatologi Indonesia (Perinasia) dan Anggota Dewan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia DKI Jakarta. Ia mengatakan bahwa penting bagi para calon ibu untuk mempersiapkan berbagai hal mulai dari fisik hingga mental, bahkan dari sejak sebelum kehamilan.

Pentingnya asupan nutrisi selama masa menyusui, terkadang membuat sebagian ibu bingung. Makanan apa saja sih yang bagus untuk dikonsumsi selama menyusui? Yuk intip beberapa superfood berikut yang direkomendasikan bagi Anda yang sedang dalam masa menyusui.

Alpukat
Kebutuhan kalori yang meningkat, membuat ibu menyusui akan cenderung mudah lapar. Alpukat yang mengandung lemak baik, akan membantu Anda kenyang lebih lama. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, Folat, Potasium, vitamin C, dan vitamin E, yang baik untuk tubuh.

Sayuran Hijau
Sebenarnya hampir seluruh jenis sayuran baik untuk dikonsumsi ketika menyusui. Namun beberapa jenis sayuran berdaun hijau seperti katuk dan bayam, sangat dianjurkan untuk sering dikonsumsi. Seperti daun katuk misalnya, dari zaman dahulu sudah dikenal sebagai sayuran yang mampu meningkatkan produksi ASI.

Biji-bijian
Biji merupakan awal kehidupan bagi setiap tanaman, yang mengandung semua nutrisi yang ada pada tanaman dewasa. Biji-bijian memiliki kandungan protein yang tinggi, zat besi, kalsium, dan lemak baik. Cobalah untuk menjadikan biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji wijen, atau chia seeds misalnya, sebagai cemilan sehat Anda di sela waktu makan, atau campur ke dalam makanan Anda.

Salmon dan Mackerel
Ikan dengan kandungan Asam Lemak Omega 3 yang tinggi, seperti salmon dan mackerel (ikan kembung), juga dianjurkan untuk dikonsumsi. DHA yang ada pada kedua ikan ini juga bagus untuk perkembangan sistem syaraf bayi. Setidaknya dua kali per minggu, jangan lupa untuk memasukkan kedua jenis ikan ini dalam list menu makan Anda selama menyusui.