Hair To Share, Berbagi Wig Untuk Pasien Kanker

Hair To Share, Berbagi Wig Untuk  Pasien Kanker

Banyak cara untuk menunjukkan kepedulian terhadap penderita kanker agar semangat hidupnya terus terbangun. Tidak melulu dengan  harta tapi juga dalam bentuk lain. Seperti  misalnya menyumbangkan potongan rambut untuk menutupi kebotakan pasien kanker usai menjalani kemoterapi.

Aksi sosial bertajuk ‘Hair To Share’ ini digagas oleh SMP Pangudi Luhur (PL) Jakarta Selatan dengan melibatkan   sekitar 300  pelajar putri dan alumninya yang datang pada saat acara berlangsung. Dari kegiatan tersebut, berhasil dikumpulkan 15 ikat rambut sepanjang 25 cm untuk kemudian diolah menjadi wig.

Fransiska Kuntodarsono  perwakilan dari PL mengatakan dalam kegiatan sosial ini, setiap penyumbang telah melalui screening terlebih dahulu. “Rambut yang terkumpul ini harus sehat dan tidak kusam, tidak diberi zat warna dan panjang minimal 25 sentimeter,” katanya.

Sementara itu,  Chitra Dewi Arumi sebagai perwakilan cancer survivor, menyatakan rasa terimakasihnya kepada para peserta yang sudah merelakan rambutnya untuk penderita kanker. “Ini sangat membahagiakan kami. Adanya dukungan aksi hair to share tentu akan meningkatkan semangat bagi para pasien. Hal ini bertujuan untuk mensupport mental pasien dan meringankan beban mereka yang telah menjalankan kemoterapi kanker. Umumnya pasien kemoterapi kanker payudara dan pasien kanker serviks, " ungkap  Chitra yang juga wakil ketua Siloam Cancer Support  Community (SCSC).

Chitra  menghimbau agar para wanita melakukan deteksi dini kanker payudara, dengan program SADARI dan USG payudara agar jika terdiagnosa lebih dini, lebih bisa disembuhkan. Keterlibatan para pelajar merupakan salah satu tujuan pihak sekolah  agar sejak dini para siswa  mengetahui pentingnya deteksi dini.

 "Selain turut membantu, kami ingin  mereka  mengetahui bahwa pentingnya deteksi dini guna mencegah penyakit kanker. Mudah mudahan aksi hair to share ini dapat meringankan beban psikologis pasien,” tambah Fransiska.

 

 

Foto: istimewa

 

hair to share, peduli pasien kanker, wig untuk pasien kemoterapi, kampanye SADARI, wanita indonesia, 2018

Artikel Terkait

Comments