Misael , Bocah 2 Tahun Sudah Mampu Baca Tulis!

Misael , Bocah 2 Tahun Sudah Mampu Baca Tulis!

Memiliki anak yang bertumbuh dan berkembang secara baik merupakan kebahagiaan luar biasa bagi setiap orang tua. Tidak terkecuali dengan pasangan David Victor dan Giovanni Paramyta saat mendapati putra sulungnya, Misael Bright Manurung sudah mampu membaca dan menulis  pada usia 2 tahun.

Misael  lahir pada tanggal 20 April 2015,  saat itu  usia kehamilan ibunya baru memasuki bulan ke delapan. Sejak lahir Misael tumbuh layaknya bayi pada umumnya. Baru di usia 1 tahun,  kedua orangtua Misael memberi flash card yang isinya  huruf-huruf dan angka. Sayangnya flash card tersebut tidak  bertahan lama, karena baru seminggu sudah disobek oleh Misael. Tidak mau menyerah, orang tuanya mengganti dengan mainan  lain, yaitu buku bacaan bergambar. Namun nasibnya sama persis dengan flash card,  kembali disobek-sobek oleh Misael.

Tapi Misael akan terlihat antusias pada saat diperdengarkan lagu-lagu anak. Sembari menunjuk lirik lagu yang tertera di layar smartphone, tak lupa Misael menirukan gaya penyanyi ciliknya. “Saat itu kami sama sekali nggak menyadari pada saat Misael menunjuk ke arah kata-kata yang diucapkan penyanyi itu, sebenarnya dia lagi mengeja tulisan di lagu itu. Karena  vocal Misael kalau berbicara juga masih belum jelas,” ungkap , Vanny, mama Misael.

Sampai suatu hari, Vanny dan suaminya benar-benar kaget sekaligus takjub pada saat  Misael membaca tulisan pada kantong plastic belanja dari sebuah minimarket. “Aku diceritakan ayahnya kalau Misael bisa membaca. Karena waktu  itu Misael tidak meniru apa yang diucapkan ayahnya. Tapi ketika keluar dari mini market   itu, dia langsung baca dengan keras kata-kata yang tertulis di plastic tersebut,” papar Vanny, lagi.

Untuk membuang rasa penasarannya, ayah Misael sempat menunjukkan sebuah tulisan pada plastic tissue wajah. “Ini bacanya apa Misael? tanya ayahnya. Terus Misael bacain lagi dengan sempurna.  Padahal kami belum pernah mengajari Misael untuk membaca . Apalagi waktu itu usianya masih 2 tahun lebih. Jadi waktu itu Misael ketahuan bisa membaca ketika semua keluarga sedang kumpul di rumah sakit, karena saya baru saja melahirkan adik Misael pada bulan November 2017 lalu,” kenang Vanny.

Ketika Misael hendak diundang ke acara Hitam Putih Trans TV yang dipandu Deddy Corbizier, kru televisi swasta itu datang untuk mengambil stock shooting keseharian bocah jenius itu untuk ditayangkan sebagai pembuka acara.

Kemudian kru meminta Misael menulis huruf-huruf abjad di white board. Lagi-lagi diluar dugaan,  Misael mampu  melakukannya dengan tangkas. Bahkan selain bisa membaca, Misael juga bisa menulis huruf-huruf abjad di usianya yang belum menginjak 3 tahun.

 

Waktu Didalam Perut Sering Diperdengarkan Musik Klasik

Melihat sang anak  telah mampu membaca dan menulis, kedua orang tuanya buru-buru  ingin memasukkan Misael ke sekolah bermain. Namun niat tersebut diurungkan karena dokter anak mereka tidak merekomendasikan.

“Kata dokter, anak seusia Misael belum saatnya belajar. Meski itu hanya sekolah bermain. Kak Seto juga mengatakan hal yang sama. Karena utamanya pendidikan  untuk anak usia dini sebaiknya dilakukan di rumah,” tiru Vanny.

Kebahagiaan Vanny dan suaminya semakin bertambah, ketika Musem Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan Misael sebagai bayi termuda yang mampu membaca dan menulis. Sebelumnya MURI baru mencatatkan anak usia 5 tahun sebagai anak termuda yang mampu membaca peta.

Seperti apa Vanny menanamkan pola belajar pada Misael? Wanita yang saat ini bekerja di lembaga OJK tersebut mengatakan  seperti yang dia ceritakan, dia dan sang suami tidak pernah menerapkan system pembelajaran apapun terhadap Misael. “Karena kami berpikir Misael kan masih kecil juga. Bahkan  kami belum masukkan dia ke sekolah. Buat kami biarlah dia tumbuh natural sesuai umurnya.Kami berencana menyekolahkan dia nanti pas tahun ajaran baru. Selama ini kalau belajar  hanya lewat lagu-lagu anak saja. Terus pada saat masih didalam kandungan, saya sering memperdengarkan music klasik dan menyenandungkan lagu-lagu pada Misael,” tutup Vanny.

 

 

Foto: Dewi Muchtar

 

misael bright manurung, bocah jenius, masuk rekor MURI, membaca dan menulis usia 2 tahun, musik klasik, wanita indonesia, 2018

Artikel Terkait

Comments