Pilih Stroller - Gaya Vs Kebutuhan

Pilih Stroller - Gaya Vs Kebutuhan

            Menunggu kelahiran sang buah hati, tentu banyak yang harus dipersiapkan. Jangan lupa untuk masukkan stroller bayi ke dalam list belanja ya. Sebab stroller dapat membuat perjalanan Anda bersama si kecil lebih nyaman.

 

            Bepergian sambil menggendong si kecil yang belum mahir berjalan tentu menjadi hal yang cukup melelahkan. Stroller bayi tak hanya dapat membantu mengurangi beban Anda yang harus melulu menggendong si kecil, tetapi juga membuatnya merasa nyaman. Apalagi jika si kecil sedang tertidur pulas.

Daripada tergiur tren, harga, ataupun merk, alangkah baiknya jika Anda mengenal jenis-jenis stroller yang ada di pasaran, berikut fungsinya. Setelah itu, barulah Anda bisa menimbang, stroller seperti apa yang cocok untuk kebutuhan Anda dan bayi Anda.

 

Standard Stroller

            Ini adalah jenis stroller yang paling banyak ditemukan. Fitur-fiturnya pun dibuat sesuai standar kebutuhan bayi, seperti sandaran dan tempat duduk yang empuk, serta tempat penyimpanan di bawah tempat duduk. Stroller jenis ini biasanya memiliki 2 tipe, ada yang posisi duduk bayi menghadap ke depan, dan ada yang menghadap ke arah pendorong.

 

Umbrella / Lightweight Stroller

            Ukurannya lebih kecil dari stroller biasa, ringan, mudah dilipat, dan harganya pun cenderung lebih murah dari stroller jenis lain. Stroller ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sering bepergian jauh, karena fiturnya yang ringan dan hemat tempat.

            Namun, umbrella stroller ini hanya bisa digunakan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, karena tempat duduknya memang dirancang hanya untuk posisi duduk, tidak bisa untuk posisi tidur. Selain itu, biasanya stroller jenis ini tidak dilengkapi dengan banyak tempat penyimpanan, sehingga Anda tidak bisa menyimpan banyak barang di stroller Anda.

 

Jogging Stroller

            Kalau stroller yang satu ini sepertinya cocok untuk Anda yang sering jogging atau berjalan-jalan di taman. Satu hal yang menjadi keunggulan stroller ini adalah pada bentuk rodanya yang lebih besar, satu roda di bagian depan, dan dua roda di belakang, sehingga lebih mudah digunakan di segala medan, mulai dari yang rata hingga yang agak menanjak. Jumlah roda yang hanya 3 buah ini juga membuat stroller ini lebih lincah saat dibelokkan.

 

Travel Stroller

            Sebenarnya stroller jenis ini adalah gabungan dari stroller standar dengan kursi mobil bayi, dengan fitur-fitur pelengkap seperti kanopi dan sandaran bayi yang bisa disetel, serta ruang penyimpanan yang cukup banyak untuk menyimpan perlengkapan bayi. Cocok bagi Anda yang sering bepergian menggunakan mobil.

            Saat akan masuk ke mobil, Anda hanya perlu melepas tempat duduk dari frame stroller-nya, lalu pasang di jok mobil. Sebaliknya, saat akan turun dari mobil, Anda tinggal pasang kembali tempat duduk stroller pada frame-nya, tanpa harus memindahkan di kecil dari dudukannya.

 

 

Tips Pilih Stroller

Setelah mengenal jenis-jenis stroller, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut, sebelum membeli stroller untuk bayi Anda.

  • Cek Remnya

Penting untuk mengecek rem pada stroller. Apakah stroller yang akan Anda beli memiliki rem dan pengunci roda yang berfungsi dengan baik atau tidak.

  • Frame Harus Kuat

Carilah stroller dengan frame yang kuat namun tetap terasa ringan. Jangan membeli stroller yang tampak ringkih, atau tidak seimbang ketika Anda menggoyangkannya.

  • Perhatikan Batas Berat Badan

Biasanya setiap jenis stroller memiliki batas berat badan. Jadi, penting juga untuk memperhatikan apakah berat badan bayi Anda masih dalam batas berat badan untuk stroller. Jika berat badan si kecil melebihi batas, stroller kemungkinan bisa menjadi tidak stabil.