4 Bumbu Kunci Kelezatan Hidangan Jepang

4 Bumbu Kunci Kelezatan Hidangan Jepang

            Bicara tentang kuliner, memang tak pernah akan ada habisnya. Pun halnya dengan kuliner Jepang, yang dewasa ini seolah menggempur khazanah perkulineran Indonesia. Ramen atau sushi, tentu tak perlu diragukan lagi kepopulerannya. Namun sudah kenalkah Anda dengan berbagai bumbu dibalik kelezatan hidangan Jepang yang biasa Anda santap?

  • Hondashi

Gurihnya masakan Jepang yang khas, tampaknya berasal dari si Hondashi ini. Bumbu yang digadang sebagai bahan utama untuk membuat sup dan saus dalam masakan Jepang ini, berbentuk layaknya kaldu bubuk, namun lebih berbutir-butir. Hondashi terbuat dari ikan, bonito flakes (serutan ikan cakalang yang dikeringkan), dan rumput laut yang diekstrak sedemikian rupa, membuat Hondashi sangat cocok dipakai untuk memasak hidangan yang membutuhkan aroma dan citarasa kaldu ikan.

  • Konbu

Konbu atau juga sering disebut Kombu, merupakan rumput laut dari jenis laminaria. Bentuknya tipis, hitam, dan kering, membuat Konbu terlihat seperti daun pisang yang dibakar. Namun meski tampilannya kurang ‘ok’, Konbu adalah salah satu kunci kelezatan masakan Jepang, yang juga menjadi salah satu bahan dasar untuk membuat dashi atau air kaldu.

  • Shoyu

Terbuat dari fermentasi kacang kedelai, tepung, dan garam, Shoyu atau bisa juga disebut kecap asin, merupakan saus Jepang yang tak mungkin tak Anda jumpai jika bertandang ke berbagai resto khas Jepang. Rasanya yang gurih, membuat Shoyu banyak digunakan dalam aneka masakan, seperti sukiyaki, sushi, sashimi, ataupun yakiniku.

  • Miso

Memiliki warna yang kecoklatan dengan tekstur kental layaknya selai, Miso merupakan bahan makanan yang terbuat dari fermentasi rebusan kedelai dan beras. Dalam masakan Jepang, Miso biasa digunakan sebagai bumbu sup, ramen, atau aneka olahan ayam dan daging.