Hangatnya Rumah Bergaya Pedesaan Amerika

Hangatnya Rumah Bergaya Pedesaan Amerika

Perkembangan gaya desain interior yang terjadi saat ini, tak pelak membuat desain interior terdahulu terlupakan begitu saja. Salah satunya ialah desain interior bergaya rustic, yang hingga kini tetap memiliki penggemar tersendiri.

Menilik makna dari rustic sendiri dapat diartikan sebagai pedesaan. Gaya rustic memang banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan di Amerika sejak abad ke-18, setelah sebelumnya gaya ini hanya memusatkan penataan bagian fasad rumah dengan penggunaan bebatuan bertekstur kasar dan kontras pada era Romawi hingga Renaisans. Di Indonesia sendiri, hunian yang didominasi material kayu dan batu sendiri bukanlah suatu hal baru. Sejumlah rumah adat sejak zaman dahulu umumnya menggunakan material alami karena masih minimnya proses pengolahan bahan baku.

Saat ini gaya rustic orisinal masih tetap dipertahankan oleh sebagian pemilik hunian di tanah air, terutama bagi mereka yang menyukai gaya klasik serta dekat dengan alam. Beberapa di antaranya memilih untuk menghadirkan gaya rustic bersama dengan gaya kontemporer. Bagi Anda yang ingin mewujudkan gaya rustic dalam hunian, Wanita Indonesia  akan memberi panduan.

BATU & KAYU

Hunian bergaya rustic orisinal hadir dengan dominasi penggunaan kayu dan batu hampir di setiap sisi. Anda bisa mencoba memadukan kayu dan batu dalam sebuah ruangan untuk menguatkan kesan rustic. Namun bila Anda menginginkan gaya rustic sebagai sisipan dalam desain lainnya, jangan ragu menyatukan desain rustic dengan desain kontemporer seperti scandinavian modern atau shabby chic modern. Jenis bebatuan yang kerap digunakan dalam desain rustic ialah berbagai jenis batu alam karena memiliki bentuk dan ukuran tidak sama sehingga nampak alami.

 

 

 

 

 

 

 

 

UNFINISHED

Konsep unfinished home dalam rumah bergaya industrial juga hadir dalam gaya rustic. Penggunaan material kayu sebagai lantai, dinding, bahkan langit-langit rumah yang sengaja dibiarkan tanpa polesan akhir seperti pelitur.

Untuk menggabungkannya bersama desain lain, material kayu dan batu unfinished dapat dipadankan dengan tembok semen berwarna pucat seperti putih, putih gading, krem atau hijau muda, lime maupun terakota.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HANGAT

Kesan hangat juga sangat kental terasa pada rumah bergaya  rustic. Untuk itu, sangat penting membuat kesan hangat dalam hunian Anda. Penggunaan material alami seperti kayu dan batu yang ditambah dengan pencahayaan remang kian meningkatkan ambiance. Aplikasikan rumah lampu bergaya klasik lengkap dengan bola lampu berwarna kuning sebagai sumber pencahayaan dalam ruangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DEKAT DENGAN ALAM

Hal yang juga turut dalam menciptakan nuansa natural ala rustic adalah dekat dengan alam. Anda dapat meletakkan tanaman-tanaman hias berukuran sedang atau besar untuk mengisi sisi-sisi kosong ruangan agar nampak asri. Bukaan besar baik jendela maupun kaca juga akan sukses menciptakan pemandangan segar dan tidak berjarak dengan alam sekitar.