Bugar dengan Chi Kung ala Tiongkok

Bugar dengan Chi Kung ala Tiongkok

Mendapatkan tubuh yang tidak hanya sehat namun juga bugar tentu menjadi dambaan banyak orang. Untuk itu, sebuah olahraga asal Tiongkok ini bisa Anda lirik untuk mendapatkan kondisi fisik prima sekaligus mental yang sehat.

Sebagai salah satu negera yang memiliki angka harapan hidup yang cukup tinggi, Tiongkok memiliki banyak sekali ragam aktivitas fisik dengan berbagai fungsi serta manfaat. Selain mengonsumsi banyak sayur, mengontrol pikiran agar tetap rileks dan ceria merupakan hal yang selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup.

Qigong atau Chi Kung merupakan aktivitas fisik asal Tiongkok yang secara holistik menggabungkan gerakan postur tubuh, pernapasan serta meditasi untuk meningkatkan spiritualitas sehingga bebas dari stress, kesehatan sekaligus melatih kemampuan bela diri.

“Saat ini di Indonesia banyak yang belum mengetahui apa itu Qigong. Mereka mengira bahwa Qigong hanya sekadar untuk pernafasan, padahal sebenarnya melakukan Qigong juga dapat cukup menguras tenaga sehingga mampu membakar kalori seperti workout lainnya,”  papar Shi Yan Hao, seorang Shifu Qigong di Shaolin Xiu Indonesia kepada Wanita Indonesia.

Ia juga menjelaskan bahwa Qigong berfungsi untuk menstimulasi saraf-saraf di dalam tubuh, menenangkan pikiran bahkan meningkatkan fokus. Menurutnya, Qigong ideal dilakukan setiap hari karena hanya memerlukan waktu sekitar 15-30 menit saja. Olahraga ini juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, karena tidak memerlukan area yang luas dan khusus.

5 GERAKAN QIGONG

Pada dasarnya, Baduanjin Qigong memiliki 8 gerakan utama. Namun Anda dapat mencoba melakukan 4 gerakan awal ini di rumah.

Pertama:

Angkat tangan ke atas setinggi-tingginya dengan telapak tangan terbuka seakan menopang langit sehingga seluruh otot terasa terangkat, tumit diangkat sambil menarik nafas. Lalu hembuskan nafas sambil melepas gerakan ke posisi normal. Lakukan sebanyak 10 kali.

 

--------------

Kedua:

Tarik nafas, dada membusung, pundak di buka lebar ke arah kanan, tangan kanan direntangkan, sedangkan tangan kiri tekuk,  pusatkan pandangan ke ujung jari. Lakukan sebanyak 10 kali ke arah kanan dan kiri secara bergantian.

--------------

Ketiga:

Tangan kanan ke atas dengan telapak terbuka, sedangkan tangan kiri di bawah dengan telapak terbuka berada di samping paha tarik nafas sejalan dengan gerakan tangan yang bergantian ke atas. Lakukan sebanyak 10 kali.

----------------

Keempat:

Angkat kedua tumit ke atas, kedua telapak tangan terbuka di belakang badan bertolak dengan arah tubuh sambil menarik nafas. Lalu perlahan gerakkan tangan ke arah depan hingga berada di depan paha. Lakukan sebanyak 10 kali.