Bu Tutut Mantu

Momen Sakral Pernikahan Sekar & Ajie

Momen Sakral Pernikahan Sekar & Ajie

Setelah serangkaian acara yang dilakukan pada dua hari sebelumnya, Sekar dan Ajie melangsungkan pernikahan pada Minggu, 6 Mei 2018. Keduanya menyatukan cinta dalam biduk rumah tangga yang akan dijalani bersama.


Sejak pagi hari, calon pengantin wanita telah bersiap melaksanakan akad dengan bantuan dari Ibu Tienuk Rifki dan tim yang dipercaya untuk menangani riasan wajah. Dalam momen sakral ijab kabul, Sekar terlihat begitu anggun dalam balutan kebaya putih duduk berdampingan di sisi Ajie.  


Dimulai pukul 12.00, acara akad nikah dengan adat Yogyakarta ini dihadiri oleh kurang lebih 500 undangan yang memenuhi Bali Room Hotel Kempinski Jakarta. Wakil Presiden RI, Bapak H. Jusuf Kalla bertindak sebagai saksi dari pihak mempelai wanita sedangkan yang menjadi saksi dari pihak mempelai pria Bapak Letnan Jendral TNI Sugiono. Ajie dinikahkan langsung oleh ayah dari Sekar, Bapak Indra Rukmana. Suasana haru dan khidmat menyelimuti seisi ruangan. 


Selain melaksanakan ijab kabul, pengantin juga melakukan prosesi adat lainnya seperti panggih, pangkon, dahar klimah serta sungkem. Keharuan kembali terasa saat Sekar meminta doa restu kepada kedua orang tua yang telah membesarkannya dengan penuh cinta  selama ini. 


Momen tersebut terasa menjadi semakin haru berkat iringan merdu tembang “Asmoro Dono”. Acara lalu diakhiri dengan nasihat perkawinan sekaligus doa untuk kedua mempelai dan sambutan dari pihak keluarga pengantin. 


Prosesi demi prosesi adat yang dilaksanakan, kaya akan makna dan nilai-nilai filosofis kehidupan yang luhur. Raut wajah kedua mempelai memancarkan kebahagiaan setelah seusai resmi menjalani ijab qobul. Bahkan keduanya juga dengan sepenuh hati menjalani satu per satu rangkaian acara adat. 


Di antara para undangan yang ada, nampak pula kehadiran penyanyi Vina Panduwinata, perancang busana Anne Avantie, tokoh keagamaan Quraish Shihab, mantan Ketua Umum partai Golkar Akbar Tanjung, serta istri dari mantan Presiden ke-4 Sinta Nuriyah. Acara akad nikahpun akhirnya selesai sekitar pukul 14.30.