Sentuhan Batik Dalam Ruangan

Sentuhan Batik Dalam Ruangan

Meski ruang desain interior kian ramai oleh desain bergaya kontemporer, namun unit desain bernafas tradisional rupanya terus berupaya mencari celah. Menjanjikan eksklusivitas serta kreasi autentik, furnitur dengan sentuhan batik Nusantara siap mencuri atensi masyarakat luas.

Sebagai salah satu warisan budaya yang cukup populer, kehadiran batik dalam berbagai medium seakan terus dikembangkan. Bila sebelumnya motif batik umumnya ditemui di atas kain, maka kini motif batik di atas material kayu menjadi pertemuan menawan yang akan mengisi sisi-sisi hunian.
Penggunaan furnitur bermotif batik mampu menghadirkan nuansa etnik sekaligus mewah di dalam hunian. Wanita Indonesia mencoba menghadirkan beberapa ide tata ruang dengan furnitur bermotif batik yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

SOFA
Tampilan mewah bisa Anda dapatkan lewat penggunaan sofa berlapis beludru dengan pilihan warna merah, hitam maupun biru tua. Pola Modang abadi yang diukir di pori-pori finishing kayu jati padat dengan aplikasi daun emas memberi kesan gaya kemewahan laiknya furnitur dalam istana kerjaan Jawa. Kehadiran sofa seater serta guling berbalut cushion batik menyempurnakan kenyamanan saat duduk.

AMBAL
Menggunakan pola Sawunggaling dalam skala besar dengan palet warna yang cerah membuat karpet ini bisa dipertimbangkan untuk turut menghias ruangan dalam hunian Anda. Dibuat dengan wol berumbai, karpet ini kental dengan nuansa ala Keraton Jawa dengan sangat anggun, megah dan memberi kehangatan. Pilih ukuran yang sesuai dengan besar area dan hidari coverage penuh pada ruangan.

MEJA TAMU
Meja tamu berbahan kombinasi antara marmer tunggal alami dan logam, ternyata juga cukup ideal untuk mempercantik ruang tamu Anda. Menghadirkan gaya klasik-kontemporer, pola Gurdo yang signifikan muncul dalam struktur logam dengan finishing tembaga kasar. Selain mengutamakan sisi fungsional, pemilihan furnitur juga harus mempertimbangkan nilai estetika terutama di ruang ‘pembuka’ ini.

TEGEL GRANIT
Permainan tegel pada area dinding juga kian memperkuat kesan elegan, terlebih dengan pemilihan motif yang tepat seperti batik. Dari sekian banyak motif batik yang ada, motif batik Sawunggaling Tempur yang tertuang di atas keramik ini bisa Anda aplikasikan. Dominasi warna hitam dan emas dengan motif skala besar, bisa menjadi focal point dalam ruangan bila diimbangi dengan penggunaan furnitur yang lebih minimalis.

-----
Teks: Hafni Kusumardhani
Foto: Istimewa